Apa Penyebab Mata Bengkak? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Oleh: Abdul Hadi - 3 Desember 2021
Dibaca Normal 1 menit
Secara medis, mata bengkak bisa dikarenakan infeksi, alergi, atau gejala penyakit tertentu. Bagaimana cara mengatasi mata bengkak?
tirto.id - Kondisi mata bengkak tidak hanya disebabkan menangis berlebihan. Secara medis, mata bengkak bisa dikarenakan beberapa faktor, mulai dari infeksi, alergi, atau gejala penyakit tertentu.

Dilansir laman Malahayati, polusi yang merajalela di jalan raya, debu, dan sebagainya dapat mengganggu kesehatan mata. Apabila tidak dirawat dengan baik, tidak mustahil dapat merusak kesehatan mata dalam jangka panjang.

Secara umum, mata bengkak terjadi karena penumpukan cairan berlebih di kelopak mata atau jaringan penghubung di sekitar mata. Kondisi ini dapat membuat tidak nyaman, mengurangi konsentrasi, hingga mengganggu penampilan sehari-hari.

Tentunya, cara terbaik untuk melawan mata bengkak adalah dengan mencegahnya. Namun, apabila sudah terlanjur bengkak, bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Mata Bengkak


Berikut ini cara mengatasi mata bengkak, sebagaimana dilansir laman Healthline:

1. Tidur cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan mata bengkak. Bagaimanapun juga, orang dewasa membutuhkan setidaknya 7-8 jam waktu tidur di malam hari. Untuk memperoleh waktu tidur yang cukup, tetapkan jadwal tidur teratur setiap malamnya.

Jika mata Anda mudah bengkak, sebaiknya jaga posisi tidur lebih tinggi dari tubuh untuk mengurangi risiko penumpukan cairan di kantong mata.

2. Kenali alergi yang dapat menyebabkan mata bengkak

Sebagian orang memiliki alergi terhadap cuaca tertentu, terutama di musim pancaroba. Kadang kala, perubahan cuaca yang tidak teratur dapat menyebabkan mata merah, berair, dan membengkak.

Selain itu, ada juga alergi makanan, debu, atau serbuk sari yang dapat menyebabkan mata bengkak, gatal, sampai hidung tersumbat. Jika alergi ini kerap kambuh, berkonsultasilah dengan dokter langganan Anda.

3. Minum cukup air

Mata bengkak kadang kala disebabkan dehidrasi. Pastikan Anda minum cukup air setiap harinya.

Idealnya, setiap orang membutuhkan asupan cairan delapan gelas air per hari. Setiap gelas setidaknya mengandung 8 ons takaran air bersih.

4. Kurangi konsumsi garam

Terlalu banyak asupan garam dapat menahan cairan di tubuh manusia. Orang yang mengonsumsi terlalu banyak garam berpotensi mengalami dehidrasi, serta bisa mengakibatkan mata bengkak.

Menurut Badan Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA), takaran sodium garam maksimal setiap orang per harinya adalah 2.300 miligram (mg). Jangan sampai mengonsumsi sodium melebihi kadar tersebut.

Makanan instan seperti mie, keju, roti, atau kudapan menyantumkan label sodium yang terkandung di dalamnya. Membaca label makanan dengan cermat dapat membantu mengontrol konsumsi kadar sodium setiap harinya.

5. Kompres kantong mata

Apabila mata sudah terlanjur bengkak, Anda dapat mengompres mata dengan air dingin untuk mengurangi inflamasi dan menurunkan aliran darah di kantong mata.

Alternatif kompres mata lainnya adalah dengan potongan kecil es batu, spons dingin, atau kompres potongan mentimun.

Selain itu, ada juga produk masker mata yang dijual di pasaran. Jika tidak, Anda dapat menggunakan handuk kecil yang dicelupkan ke air dingin. Lakukan pengompresan selama 5-10 menit untuk mengurangi pembengkakannya.

Cara paling praktis untuk mengatasi mata bengkak adalah menggunakan obat tetes mata yang mengandung antihistamin. Untuk menghindari bengkak tidak terlalu parah, hindari menyentuh atau menggosok mata dengan tangan.

Jika Anda menggunakan lensa kontak, segera lepas lensa tersebut. Namun sebelumnya, pastikan tangan Anda sudah bersih agar tidak memperparah iritasi di bagian mata tersebut.


Baca juga artikel terkait KESEHATAN MATA atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Abdul Hadi
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight