Apa Pengertian Negara: Fungsi dan Unsur-Unsurnya

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 15 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Apa itu negara, fungsi, dan apa saja unsur-unsur dari sebuah negara?
tirto.id - Sebuah wilayah dapat dikatakan sebagai sebuah negara jika telah memenuhi empat unsur negara di dalamnya. Jumlah negara di dunia ini kurang lebih ada 195 negara. Masing-masing negara memiliki bentuk pemerintahannya sendiri, mulai dari kerajaan hingga republik.

Dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX (Depdiknas 2009), negara diartikan sebagai organisasi si suatu wilayah yang memiliki kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyatnya.

Sementara itu, menurut G. Pringgodigdo, sebagai oranisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan, maka negara memerlukan persyaratan unsur-unsur tertentu yaitu pemerintah yang berdaulat dan wilayah tertentu sebagai suatu bangsa.

Fungsi Negara


Berdirinya sebuah negara memiliki tujuan. Sebuah negara dituntut untuk melakukan segala hal yang dapat mewujudkan tujuan tersebut. Tugas negara ini disebut sebagai fungsi negara.

Tujuan negara menjadi suatu cita-cita dari sebuah negara. Lalu, fungsi negaa adalah suatu upaya negara untuk mewujudkan cita-cita itu.

Ada empat fungsi negara yang perlu dipahami, yaitu:

1. Mengusahakan kesejahteraan sosial dan kemakmuran rakyat.

Ini adalah fungsi negara yang harus diusahakan secara maksimal. Pasalnya, ketiadaan kesejahteraan dan kemakmuran akan berimbas pada munculnya beragam gejolak atau konflik di antara warga negara hingga antar-elit politik. Jika hal tersebut tercukupi, maka kehidupan bernegara akan cenderung stabil dan mencegah terjadinya gejolak.

2. Menciptakan keamanan dan ketertiban

Sebuah negara harus menjalankan sisi keamanan dan ketertiban. Fungsi ini membantu mencegah bentrok antarkelompok, suku, hingga individu. Negara berperan sebagai penyetabil keadaan.

3. Pertahanan

Fungsi ini diperlukan agar sebuah negara mampu melindungi kedaulatannya. Negara yang memiliki pertahanan kuat lebih mungkin untuk dapat mengatasi serangan dari luar. Alat-alat pertahanan yang kuat dan tangguh diperlukan untuk mendeteksi berbagai kemungkinan serangan yang tidak diharapkan.

4. Penegakan keadilan

Negara juga harus menjunjung tinggi keadilan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Keadilan mencakup bidang material dan spirititual. Oleh sebab itu, negara perlu menempatkan warga negara sesuai porsinya dan tidak memandang perbedaan suku,
agama, bahasa, adat istiadat, dan lain sebagainya.

Unsur-Unsur Negara


Sementara itu, negara juga memerlukan berbagai unsur di dalamnya. Dalam buku Perbatasan Negara Dalam Dimensi Hukum Internasional (2011), unsur-unsur negara sesuai pasal 1 Konvensi Montevideo 1993 adalah:

1. Rakyat atau penduduk tetap

Adanya rakyat menjadi unsur penting sebuah negara. Rakyat menjadi pembentuk negara yang memiliki cita-cita untuk bersatu dalam sebuah wadah. Rakyat adalah semua orang yang berada di wilayah suatu negara.

2. Wilayah yang pasti

Negara tidak bisa berdiri tanpa memiliki wilayah yang efektif diakui kekuasaannya di seluruh wilayah negara yang bersangkutan. Batas wilayah negara ditentukan melalui perjanjian dengan negara lainnya.

3. Pemerintahan yang berdaulat

Untuk menjalankan negara diperlukan pemerintah yang berdaulat. Pemerintah menjalankan wewenang dan kekuasaan untuk mengatur kehidupan sosial, ekonomi, dan politik suatu negara atau bagian-bagiannya. Arti berdaulat yaitu memiliki hak mengatur rumah tangganya sendiri sekaligus mempunyai kedudukan sederajat dengan negara-negara lain.

4. Kemampuan mengadakan hubungan dengan negara lain

Meski unsur ini tidak mutlak, namun kemampuan melakukan hubungan dengan negara lain akan menentukan apakah sekelompok individu yang mendiami suatu wilayah dengan pemerintahannya layak sebagai subyek hukum internasional atau tidak. Negara yang diakui negara lain yang berdaulat akan membuat sebuah negara tersebut memiliki kesetaraan dengan negara-negara lain.


Baca juga artikel terkait UNSUR NEGARA atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight