STOP PRESS! DPR Setuju Gunakan Hak Angket terhadap KPK

Apa Menariknya Sepeda Listrik Masa Depan 'IRIS' Etrike?

Reporter: Maya Saputri
04 April, 2017 dibaca normal 1:30 menit
Apa Menariknya Sepeda Listrik Masa Depan 'IRIS' Etrike?
IRIS e-trike. Foto/designboom.com
tirto.id - Sepeda listrik beroda tiga rancangan Grant Sinclair ini sangat ramah lingkungan karena menggunakan tenaga listrik. Apa saja fitur menarik pada sepeda yang mampu melesat dengan kecepatan hingga 48 km/jam ini?

Grant Sinclair, keponakan Sir Clive Sinclair -penemu sepeda listrik 'C5' dari tahun1980-an- telah mengembangkan versi terbaru dari miniatur EV yang dikenal dengan IRIS e-trike. Sepeda roda tiga untuk satu penumpang ini didesain pedal khusus dan penutup body dari plexiglass semacam akrilik, seperti dikutip dari Designboom.

Sebelumnya, sepeda elektrik “C5” buatan Sir Clive Sinclair ini pertama kali diperkenalkan pada publik pada Januari 1985 yang cukup menyita perhatian saat itu. Bentuk model sepeda C5 ini dilengkapi dengan body plastik dengan kecepatan 16-24 kilometer per jam. Baterai yang digunakan pada sepeda ini 12V yang tidak terlalu berfungsi baik.

Salah satu alasan penjualan C5 ini tidak terlalu laku karena faktor baterai yang tidak menawarkan banyak pilihan dan tidak beroperasi dengan baik. Produksi sepeda ini dihentikan pada 1985 dan nama Sinclair tidak lagi terdengar setelah itu.

Sepeda roda tiga bertenaga listrik IRIS etrike ini mampu melesat dengan kecepatan 48 km/jam. Setelah di-charge selama satu jam, sepeda masa depan ini mampu mencapai jarak 80 ribu kilometer.

Berat sepeda ini sekitar 55 kilogram dengan dua pilihan variasi model yakni “The Eco” dan “The Extreme”. Perbedaannya pada model “The Eco” membutuhkan tenaga listrik 250 Watt dengan fitur pedal, sedangkan “The Extreme” menggunakan energi listrik 750 Watt dilengkapi dengan kontrol katup penutup untuk kecepatan yang lebih tinggi (diasumsikan dengan akselerasi lebih cepat).

Kedua model itu menggunakan baterai lithium-ion 48V 20Ah yang dapat digunakan untuk jarak maksimal sekitar 80 ribu kilometer per satu kali isi ulang baterai. Dalam satu kali isi ulang baterai, sepeda ini membutuhkan waktu kira-kira satu jam. Selain itu, sepeda ini juga memiliki fitur pengereman regeneratif yang mampu menghemat energi untuk pengisian baterai.

Fitur lain yang dimiliki sepeda ini adalah lampu depan LED, lampu rem belakang dan sinyal untuk belok. Sepeda ini juga dilengkapi dengan kamera built-in di bagian belakang untuk menampilkan video real time yang tersambung dengan ponsel pintar yang terpasang di kursi pengendara. IRIS e-trikes ini juga memiliki tampilan layar LCD untuk mengakses kecepatan, jarak dan level baterai serta mode daya.

Model Sinclair IRIS eTrike dapat dipesan dengan harga pembelian sekitar 3.738 dolar AS untuk model The Eco dan 4.361 dolar AS untuk model The Extreme, dengan waktu pengiriman diperkirakan di kuartal keempat 2017.

Baca juga artikel terkait SEPEDA LISTRIK atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - may/may)

Keyword