Apa Itu Simbiosis Mutualisme dan Contohnya dalam Kehidupan?

Oleh: Ega Krisnawati - 5 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Simbiosis mutualisme adalah hubungan dua makluk hidup yang saling menguntungkan. Contohnya kerbau dan burung jalak.
tirto.id - Simbiosis adalah bentuk hidup bersama antara dua individu yang berbeda jenis. Terdapat tiga macam simbiosis, antara lain; simbiosis mutualisme, parasitisme, dan simbiosis komensalisme

Simbiosis terjadi karena tidak ada mahkluk hidup yang bisa bertahan seorang diri. Mereka saling membutuhkan satu sama lain agar dapat bertahan hidup.

Salah satu contohnya adalah manusia. Manusia membutuhkan makanan yang berasal dari hewan atau tumbuhan. Begitu juga dengan tumbuhan dan hewan yang tidak bisa hidup tanpa adanya dukungan ekosistem dan campur tangan manusia.

Maka itu, hubungan yang saling ketergantungan ini membentuk sebuah pola interaksi dalam ekosistem kehidupan. Terjadi interaksi pada komponen biotik dengan komponen abiotik, dan interaksi antar sesama komponen biotik.

Dalam hal ini, simbiosis berhubungan dengan interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup yang lainnya. Pasalnya, interaksi ini dapat terbangun karena adanya rangkaian peristiwa makan dan dimakan. Contohnya seperti rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida makanan.



Lantas, apa itu simbiosis mutualisme dan contohnya?

Arti simbiosis mutualisme dan contohnya

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua jenis mahkluk hidup yang saling menguntungkan. Terdapat sejumlah contoh simbiosis mutualisme, yaitu:

- Simbiosis mutualisme antara kerbau dan burung jalak

Menurut buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV untuk SD/MI, hubungan simbiosis mutualisme antara kerbau dan burung jalak terjadi karena kerbau memperoleh keuntungan dari burung jalak yang menghabiskan semua kutu di tubuhnya. Sementara burung jalak merasa untung, karena mendapatkan makanan dari kutu yang ada di tubuh kerbau.

- Simbiosis mutualisme antara kupu-kupu dan lebah dengan tanaman

Kupu dan lebah membutuhkan nektar pada bunga sebagai makanannya. Sementara bunga membutuhkan kupu-kupu dan lebah untuk membantu terjadinya proses penyerbukan.

- Simbiosis mutualisme antara jamur dan akar pohon pinus

Dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP/Mts Kelas 7 Semester 2, Jamur mendapatkan makanan dari pohon pinus, sedangkan pohon pinus mendapatkan garam mineral dan air lebih banyak jika bersimbiosis dengan jamur. Hal inilah yang membuat kedua tumbuhan tersebut saling memperoleh keuntungan.

- Simbiosis mutualisme antara ikan goby dan udang

Udang dan ikan menghabiskan sebagian besar waktu mereka bersama. Sebagaimana yang dilansir dari laman Thoughtco. udang membuat liang di pasir sebagai tempat ikan dan udang bertahan hidup.

Sehingga, saat predator mendekat, ikan akan menyentuh udang dengan ekornya sebagai peringatan. Kemudian, ikan dan udang mundur ke liang sampai predator pergi.

Dari hubungan mutualisme itu, udang mendapat peringatan akan adanya bahaya yang mendekat. Sementara ikan mendapat tempat hidup yang aman untuk tinggal dan bertelur.






Baca juga artikel terkait RANTAI MAKANAN atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Agung DH
DarkLight