Apa itu ORI, Berapa Keuntungannya dan Bagaimana Cara Membelinya?

Oleh: Ega Krisnawati - 12 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pemerintah kembali menawarkan ORI kepada masyarakat Indonesia dengan seri ORI019 sebagai alternatif investasi aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.
tirto.id - Obligasi Negara Ritel atau ORI merupakan salah satu instrumen Surat Berharga Negara (SBN). Instrumen SBN ini ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui Mitra Distribusi di Pasar Perdana.

Dikutip dari laman Kemenkeu, pemerintah kembali menawarkan ORI kepada masyarakat Indonesia dengan seri ORI019 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. ORI019 adalah seri ORI ke-19 yang diterbitkan oleh pemerintah dan penjualannya dilakukan secara online melalui e-SBN.

ORI memiliki beberapa karakteristik seperti, berbentuk tanpa warkat (scripless) dan dapat diperdagangkan antar Investor Domestik, Kupon tetap (fixed rate), terdapat potensi capital gain/loss, dan minimal pembelian Rp1 juta-maksimal Rp3 miliar.

Alasan penerbitan ORI sebagai bentuk pemahaman dari pemerintah terkait situasi saat ini yang sangat berbeda dari tahun sebelumnya akibat pandemi COVID-19. Sehingga pemerintah harus mengelola pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN dengan lebih hati-hati (prudent) dan memastikan setiap pembiayaan digunakan untuk kegiatan produktif.

Dengan menerbitkan ORI019, pemerintah ingin mengajak publik untuk terlibat dalam program pemulihan ekonomi dan pembangunan nasional. Sehingga, publik bisa saling menjaga masa depan Indonesia pasca-pandemi COVID-19.

Nantinya, seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan ORI019 akan dimanfaatkan untuk pembiayaan APBN 2021, termasuk pembiayaan dalam rangka upaya penanganan dan pemulihan dampak pandemi COVID-19.

Keuntungan ORI019



Terdapat 10 keuntungan dari ORI019, yaitu:

1. Kupon dan Pokok dijamin oleh Undang-Undang.

2. Kupon dengan tingkat bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo.

3. Dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder (antar Investor Domestik).

4. Berpotensi memperoleh capital gain.

5. Dapat diperdagangkan di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP).

6. Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN.

7. Kupon dibayar setiap bulan.

8. Tersedianya kuotasi harga beli (bid price) dari Mitra Distribusi atau Pihak lain yang bekerja sama dengan Mitra Distribusi.

9. Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain (sesuai dengan kebijakan di masing-masing Mitra Distribusi).

10. Masyarakat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Selain itu, Kementerian Keuangan juga bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk membuat portal investasi Surat Berharga Negara (SBN) Ritel secara online dengan nama Layanan Mandiri SBN Ritel Online.

Layanan ini memberikan kemudahan akses bagi nasabah untuk dapat melakukan Surat Berharga Negara secara Online dengan mangakses https://sbnonline.bankmandiri.co.id. Nasabah hanya perlu datang sekali ke Kantor Cabang Bank Mandiri untuk melakukan registrasi.

Persyaratan registrasi Layanan Mandiri SBN Ritel Online yaitu:

Dilansir dari laman resmi Bank Mandiri, terdapat tiga persyaratan dari penggunaan SBN Ritel Online malalui Layanan Mandiri SBN Ritel Online:
    • Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan KTP yang masih berlaku.
    • Memiliki rekening tabungan di Bank Mandiri yang dibuktikan dengan buku tabungan atau kartu debit Bank Mandiri.
    • Mengisi Formulir Registrasi Layanan Mandiri SBN Ritel Online disertai Formulir Pembukaan Rekening Efek apabila belum pernah bertransaksi Surat Berharga Negara sebelumnya di Bank Mandiri dan lampiran copy KTP dan NPWP.

Baca juga artikel terkait ORI atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight