Apa Itu Istilah Lone Wolf dan Artinya dalam Kepribadian Psikologi?

Oleh: Alexander Haryanto - 1 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Apa itu arti lone wolf yang dikenal dalam istilah psikologi tapi juga dipakai dalam dunia terorisme, berikut penjelasannya.
tirto.id - Keyword "lone wolf" muncul di Google Trend pada hari ini, Kamis, 1 April 2021. Penyebabnya adalah, saat Kapolri Listyo Sigit menyatakan perempuan terduga teroris di Mabes Polri berinisial ZA (25) sebagai lone wolf. Lantas apa artinya?

Dalam istilah terorisme, lone wolf atau yang paling jamak dikenal sebagai lone wolf terrorism adalah istilah untuk menyebut mereka yang bergerak sendiri, tanpa bantuan dari kelompok mana pun.

Secara umum, lone wolf memiliki ciri-ciri melakukan aksi secara sendirian atau lebih, bukan merupakan bagian dari kelompok atau jaringan terorisme besar sehingga sulit untuk diidentifikasi, modus operandinya dipahami dan diatur oleh individu tanpa adanya komando.

Kendati dipakai dalam istilah terorisme, lone wolf sebenarnya lebih dulu dikenal dalam istilah psikologi. Tapi, sifatnya tidak berkonotasi kepada hal yang buruk, berikut penjelasannya.

Lone Wolf dan Artinya dalam Psikologi


Dalam dunia pekerjaan, sebagaimana dikutip truitly.com, istilah lone wolf juga kerap dipakai untuk mereka yang lebih suka bekerja sendiri. Biasanya, mereka akan mencapai target yang lebih apabila diizinkan untuk melakukan sesuatu dengan cara mereka sendiri.

Lone wolf atau 'serigala penyendiri' biasanya tertutup, mampu memotivasi diri dan sangat fokus dalam menyelesaikan tugasnya sendiri. Kendati demikian, orang dengan kepribadian ini sulit bekerja dalam tim, sehingga butuh penanganan dan cara yang tepat agar kerja mereka bisa maksimal.

Dilansir Life Falcon, filosofi dari lone wolf ini diambil dari persamaan antara manusia dengan serigala. Sebagian besar serigala lebih suka menjadi bagian dari kelompok, tetapi hanya sedikit yang senang berkeliaran sendiri.

Serigala penyendiri adalah serigala alfa yang diusir dari kawanannya, terutama oleh serigala yang lebih muda. Sementara serigala muda jarang memilih meninggalkan kawanannya. Sama juga halnya dengan manusia, beberapa lebih memilih privasi daripada popularitas, memilih kelompok kecil daripada pertemuan besar.


Ciri-ciri Kepribadian Lone Wolf

Kepribadian lone wolf tumbuh karena pilihan, pengalaman, dan tindakan individu. Meskipun tidak berlaku umum, namun orang-orang lone wolf cenderung lebih banyak introvert. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu sendirian daripada orang lain, terutama pertemuan besar. Namun, bukan berarti mereka anti-sosial, tetapi lebih mandiri untuk mengendalikan kemauan Anda.

Seorang dengan kepribadian lone wolf lebih banyak ditemukan pada musisi yang luar biasa, artis yang menginspirasi atau fotografer yang menakjubkan. Kepribadian ini banyak pula ditemukan pada penyair, penulis musisi, seniman, penari dan fotografer hebat.

Setiap orang memiliki rasa tidak aman, tetapi kepribadian lone wolf lebih sering merasakanya. Selain itu, lone wolf juga lebih sering berjuang sendiri daripada mengandalkan orang lain sehingga memilih untuk menghadapinya sendiri.

Mereka yang memiliki kepribadian lone wolf juga lebih banyak pemalu. Tapi bukan berarti mereka kurang percaya diri atau takut bersosialisasi, namun lebih tidak nyaman dengan masa lalu dan trauma masa kecil karena intimidasi atau dilecehkan.


Baca juga artikel terkait LONE WOLF atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight