Apa Itu Introvert: Arti, Jenis, Tipe dan Pengertiannya?

Oleh: Alexander Haryanto - 10 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Introvert adalah orang yang senang menyendiri untuk memulihkan energi setelah berada dalam lingkungan sosial.
tirto.id - Introvert adalah tipikal orang yang lebih senang menghabiskan waktu sendirian atau dengan satu atau dua orang teman yang mereka rasa dekat. Introvert sering membutuhkan waktu menyendiri untuk memulihkan energi setelah berada dalam lingkungan sosial.

Biasanya, seorang introvert akan menarik energi dari sebuah refleksi yang tenang atas dirinya. Kendati demikian, banyak yang menyangka seorang introvert adalah orang tipikal orang pemalu atau antisosial, padahal itu bukan bagian dari sifat introvert.

Sebab, sebagaimana dilansir Healthline, orang introvert juga senang bersosialisasi, meskipun dalam kadar yang kecil. Umumnya, orang-orang introvert ini tidak terlalu suka obrolan yang ringan, tetapi lebih suka obrolan yang berkualitas dan bermakna.


Pengertian Introvert

Sebagaimana dilansir laman WebMD, seorang introvert merasa lebih nyaman ketika mereka bisa fokus dengan ide dan pikirannya. Mereka lebih bisa menikmati suasana ketika menghabiskan waktu hanya dengan satu atau dua orang, daripada dengan orang banyak.

Istilah introvert dan ekstrovert ini berasal dari seorang psikolog bernama Carl Gustav Jung. Kedua tipe kepribadian ini bisa memilah bagaimana orang-orang mendapatkan atau menggunakan energinya. Saat itu, dia percaya bahwa beberapa orang diberi energi yang berasal dari luar (ekstrovert) dan beberapa orang diberi energi dalam dirinya (introvert).



Ciri-ciri Kepribadian Introvert

Masih menurut WebMD, sekitar sepertiga hingga setengah dari semua orang di Amerika Serikat adalah introvert. Meskipun setiap orang introvert terlihat berbeda, namun mereka memiliki pola perilaku yang sama, berikut adalah ciri-cirinya secara umum:

1. Perlu ketenangan untuk berkonsentrasi
2. Meluangkan waktu untuk membuat keputusan
3. Merasa nyaman sendirian
4. Lebih suka menulis daripada berbicara
5. Merasa lelah setelah berada di keramaian
6. Punya sedikit teman, tetapi sangat dekat, akrab dan intim
7. Menggunakan imajinasi untuk menyelesaikan masalah

Meskipun penjelasan di atas adalah ciri-ciri umumnya, lebih baik, salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda seorang introvert adalah dengan mengikuti tes seperti Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) atau proyek SAPA.


Tipe dan Jenis Introvert

Salah satu studi menunjukkan bahwa orang introvert cenderung termasuk dalam salah satu dari emat sub-tipe di bawah ini:

1. Introvert sosial: Tipe ini adalah mereka yang lebih suka ketika berada di kelompok kecil dan suasana tenang daripada keramaian.

2. Berpikir introvert: Pada tipe ini, mereka lebih senang melamun dan berkhayal. Mereka menghabiskan lebih banyak waktu dalam pikirannya dan cenderung memiliki imajinasi kreatif.

3. Introvert yang cemas: Mereka mencari waktu sendiri bukan hanya karena menyukainya, tetapi karena sering merasa canggung atau malu di sekitar orang.

4. Introvert yang tertahan: Introvert jenis ini lebih cenderung berpikir sebelum bertindak. Mereka tidak bisa membuat keputusan dengan spontan. Biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mengambil tindakan.


Baca juga artikel terkait INTROVERT atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight