Apa Itu Gaslighting di Berita Lucas NCT Terbaru dan Respons SM

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 26 Agu 2021 09:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Rumor Lucas WayV terbaru menyangkut gaslighting, apa itu?
tirto.id - Lucas NCT kena masalah gaslighting dan mengungkapkan permintaan maaf. Rumor ini berawal dari pengakuan seorang warganet Korea Selatan, sebut saja A pada 23 Agustus 2021. Ia menyatakan diri sebagai mantan kekasih Lucas yang menjadi korban gaslighting. Ia juga menuduh Lucas sebagai seorang gold digger (matre).

Awalnya A adalah penggemar Lucas yang kemudian melakukan pendekatan dan mulai berkencan. Menurutnya, Lucas melakukan gaslighting dengan kata-kata seperti, "Aku tidak suka kalau kamu bersikap terlalu seperti penggemar," dan "Jangan menjadi penggemar lagi," ketika Lucas putus dengannya karena jadwal yang padat.

A juga menyatakan, dia telah membelikan Lucas hadiah mewah yang awalnya diterima Lucas dengan senang hati, tetapi kemudian ditolak dan Lucas mengatakan ia "menghasilkan cukup uang dan tidak membutuhkan hadiah kecuali itu adalah rumah atau mobil."

A menulis, “Dia [Lucas] selalu datang ke kamar hotel, memesan layanan kamar, tidur, dan pergi. Dari saat kami check out, dia akan menghilang dari jangkauan dan menjaga jarak, mengatakan bahwa dia merasa tidak nyaman."

"Dia tidak mengucapkan sepatah kata pun terima kasih dan menerima begitu saja bahwa saya membayar untuknya," tulis A, seperti dikutip Soompi.

Untuk mendukung klaimnya, A mengungkapkan kutipan obrolannya dengan Lucas dan foto-foto yang Lucas kirimkan padanya.

Keesokan harinya, seorang warganet China mengungkapkan bahwa pengalaman A serupa dengan dirinya dan mengklaim bahwa Lucas telah berkencan dengannya dan A pada saat yang sama.


Apa Itu Gaslighting?


Gaslighting adalah bentuk kekerasan emosional yang terlihat dalam hubungan tidak sehat (abusive relationship). Dilansir Healthline, gaslighting adalah tindakan memanipulasi seseorang dengan memaksa mereka untuk mempertanyakan pikiran, ingatan, dan peristiwa yang terjadi di sekitar mereka.

Seorang korban gaslighting bisa dipojokkan hingga mereka mempertanyakan kewarasan mereka sendiri.

Istilah "gaslighting" berasal dari drama dan film yang disebut "Gaslight." Dalam film tersebut, suami yang licik, yang diperankan oleh Charles Boyer, memanipulasi dan menyiksa istrinya, yang diperankan oleh Ingrid Bergman, untuk meyakinkan istrinya bahwa dia adalah orang gila.

Gaslighting, disengaja atau tidak, adalah bentuk manipulasi. Gaslighting dapat terjadi dalam banyak jenis hubungan, termasuk hubungan dengan bos, teman, dan orang tua. Tetapi salah satu bentuk gaslighting yang paling merusak adalah ketika itu terjadi dalam hubungan antara pasangan.

Menurut Robin Stern, PhD, penulis buku The Gaslight Effect: How to Spot and Survive the Hidden Manipulation Others Use to Control Your Life tanda-tanda bahwa Anda adalah korban gaslighting meliputi:
  • tidak lagi merasa seperti orang yang sama;
  • menjadi lebih cemas dan kurang percaya diri dari sebelumnya;
  • sering bertanya-tanya apakah Anda terlalu sensitif;
  • merasa semua yang Anda lakukan salah;
  • selalu berpikir itu salah Anda ketika ada yang salah dalam hubungan;
  • sering meminta maaf;
  • memiliki perasaan bahwa ada sesuatu yang salah, tetapi tidak dapat mengidentifikasi apa itu;
  • sering mempertanyakan apakah respons Anda terhadap pasangan Anda sesuai (misalnya, bertanya-tanya apakah Anda terlalu tidak masuk akal atau tidak cukup mencintainya), dan lain-lain.


Lucas dan SM Entertainment Minta Maaf


Pada 25 Agustus, SM Entertainment merilis pernyataan yang menyatakan Lucas akan menghentikan aktivitasnya untuk merenungkan tindakannya. Perilisan lagu baru Lucas, “Jalapeño” juga ditunda karena masalah ini.

"Kami menyadari keseriusan masalah ini dan telah memutuskan untuk menghentikan perilisan semua konten untuk single WayV Lucas dan Hendery 'Jalapeño', termasuk lagu dan video musik yang dijadwalkan akan dirilis pada 25 Agustus pukul 6 sore KST," tulis SM Entertainment.

Pada hari yang sama, Lucas mengunggah surat permintaan maaf tulisan tangan dalam bahasa Mandarin di Instagram-nya, bersama dengan terjemahan bahasa Korea dalam keterangan yang dia jelaskan diterjemahkan dengan bantuan orang-orang di sekitarnya.

"Saya meminta maaf kepada mereka yang terluka oleh perilaku saya yang salah. Jika Anda memberi saya kesempatan, saya ingin menyampaikan kata-kata permintaan maaf saya secara pribadi," tulis Lucas.

Ia pun mengakui, perilaku yang ia lakukan adalah salah dan tidak bertanggung jawab. Lucas memastikan hal seperti itu tidak terjadi lagi

"Saya akan menghentikan semua kegiatan terjadwal saya untuk mengambil waktu merenungkan diri saya sendiri. Saya dengan tulus meminta maaf," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait LUCAS NCT atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Humaniora)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Yantina Debora

DarkLight