Apa itu Fitur Take a Break Instagram dan Cara Menggunakannya?

Kontributor: Cicik Novita - 26 Feb 2022 10:27 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Fitur terbaru Instagram yaitu "Take a Break" untuk mengingatkan pengguna jika sudah terlalu lama berselancar di media sosial tersebut
tirto.id - Ketika membuka media sosial, terkhusus Instagram, tak jarang pengguna lupa waktu. Tanpa sadar, ia sudah menghabiskan 1 jam, 2 jam, atau bahkan 3 jam hanya melihat foto-foto atau scroll feed menarik di aplikasi tersebut.

Tidak heran, Instagram ataupun media sosial lainnya memiliki daya tarik untuk menjadi adiksi atau candu. Orang-orang yang terjebak dalam kondisi tersebut dianggap mengidap kecanduan media sosial.

Akan tetapi, diagnosa terkait kecanduan media sosial hanya boleh ditetapkan oleh ahli kesehatan terkait. Sebab, ada banyak faktor yang dipertimbangkan untuk menyatakan bahwa seseorang mengidap kecanduan media sosial.

Untuk menghindari pengaruh negatif tersebut, pada 10 November 2021, Instagram mengumumkan fitur terbaru mereka yang bernama “Take a Break” yang sedang dalam masa uji coba oleh beberapa pengguna.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk berhenti sejenak menggunakan Instagram. Tujuannya agar pengguna memiliki kontrol waktu, serta diingatkan bahwa ia sudah terlalu lama berselancar di Instagram.

Sejauh ini, fitur itu baru dapat digunakan resmi per 7 Desember 2021 untuk user di wilayah Amerika, Inggris, Australia, Kanada dan sebagian negara Asia, sebagaimana dilansir Bustle.

Menurut Adam Mosseri, salah satu pimpinan jejaring sosial Instagram, fitur "Take a Break" membantu pengguna untuk berhenti dan tidak menggunakan media sosial sementara waktu.

Jika masa uji usai dan berhasil, fitur "Take a Break" akan digunakan lebih luas lagi membantu pengguna Instagram dalam skala besar.

Bagaimana Cara Kerja "Take a Break"?


Adam Mosseri menjelaskan cara penggunaan "Take a Break" beserta beberapa contoh frame tampilan fitur tersebut di Instagram.

Pengguna yang memilih menggunakan fitur "Take a Break" dapat mengambil interval. Selanjutnya, pengingat akan muncul yakni pada menit ke 10, 20 atau 30 menit setelah menggunakan Instagram.

Jadi, ketika pengguna sudah mencapai waktu interval 10, 20 atau 30 menit, muncul pemberitahuan untuk “Istirahat” atau "Take a Break" dengan petunjuk yang mendorong pengguna untuk jeda dan berhenti menggunakan media sosial.

Bagaimana Cara Menggunakan "Take a Break" di Instagram?


Secara sederhana, fitur ini berupaya mengingatkan pengguna agar tidak berlama-lama memainkan ponsel dan berselancar di Instagram.

Merujuk laman Antara, cara menggunakan fitur "Take a Break" adalah seperti berikut:

  • Buka aplikasi Instagram
  • Buka profil Anda
  • Ketuk tiga garis di pojok kanan atas profil, pilih "Activity"
  • Pilih menu "Waktu"
  • Pilih "Atur Pengingat untuk Istirahat"
  • Pilih waktu pengingat mulai 10, 20 atau 30 menit
  • Ketuk Selesai
  • Waktu pengingat sudah diaktifkan.

Di beberapa ponsel atau seri OS, cara mengaktifkan fitur "Take a Break" adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Instagram
  • Buka profil Anda
  • Ketuk tiga garis di pojok kanan atas profil, pilih "Your Activity"
  • Pilih "Time Spent"
  • Ketuk "Set Daily Reminder"
  • Pilih waktu paling sesuai untuk membatasi penggunaan Instagram Anda.

Mengapa Fitur "Take a Break" Belum Ada di Akun Saya?


Jika akun Instagram Anda belum memiliki fitur "Take a Break", segera lakukan update aplikasi terlebih dahulu. Setelah itu, coba terapkan langkah-langkah di atas.

Apabila tetap belum tersedia, artinya fitur ini belum mencakup wilayah di mana Anda berada. Sebab, beberapa waktu lalu, masa uji masih diberlakukan di Amerika, Inggris Raya, Australia dan Kanada.

Menurut Adam Mosseri, fitur "Take a Break" adalah upaya untuk memberi pengguna lebih banyak kontrol atas penggunaan media sosial Instagram mereka.

“Pada akhirnya, kita tahu apa yang terbaik terkait cara menggunakan aplikasi media sosial. Kami ingin memastikan bahwa kami menyediakan alat bagi Anda untuk membentuk Instagram menjadi media sosial yang cocok untuk Anda,” kata Mosseri.

Berdasarkan pantauan Tirto, fitur "Take a Break" sudah bisa digunakan di wilayah Indonesia dengan memperbaharui (update) aplikasi Instagram terbaru, baik itu melalui PlayStore (Android) atau Apple Store (iOS).


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Abdul Hadi

DarkLight