Apa Itu Fitur Hibernasi yang Akan Hadir di Android 12 dan Fungsinya

Oleh: Yuda Prinada - 19 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Android 12 akan dibekali dengan fitur hibernasi. Bagaimana cara kerja fitur hibernasi dan apa saja fungsinya bagi pengguna?
tirto.id - Android 12, sebagai Operation System terbaru yang akan dirilis oleh Android setelah kemunculan Android 11 pada Februari 2020, akan dibekali dengan fitur hibernasi yang memungkinkan ponsel bisa mengurangi pemakaian ruang penyimpanan.

Berdasarkan catatan GSM Arena, fitur hibernasi masih dalam pengembangan dan kemunculannya akan bersamaan dengan perilisan Android 12. Tech Radar memprediksi bahwa Andoroid 12 bakal dirilis dalam jangka waktu sebulan ke depan.

Menurut Android Authority, XDA-Developers melaporkan bahwa terdapat beberapa perubahan kode yang dikirimkan oleh pihaknya kepada Android Open Source Project (AOSP). Kode-kode tersebut merujuk pada fitur yang disebut sebagai “Hibernasi Aplikasi.”

Tech Radar berpendapat bahwa perubahan ini dibuat pada proyek Android secara real-time, dan menunjukkan bahwa Google berencana untuk memperkenalkan fitur hibernasi sebagai cara untuk mengoptimalkan penyimpanan.

Selain itu, pemantauan ukuran aplikasi berat, terutama game, yang selalu meningkat secara massif selama penggunaannya, berpotensi menyebabkan fitur hibernasi menjadi cara terakhir membantu pengguna dalam mengoptimalkan kapasitas memori.

Mereka yang sebelumnya sering kehabisan tempat untuk menyimpan data aplikasi baru karena terlalu banyak data yang telah disimpan, harusnya bisa bernapas lega mendengar berita Android 12 yang akan dilengkapi fitur hibernasi.

Menurut 9to5Google, perubahan AOSP yang ditemukan oleh tim XDA-Developers telah memberikan isyarat nyata tentang sistem yang bisa menyegarkan ponsel dan mengoptimalkan memorinya.

Mengutip Antaranews, ketika pengguna perangkat menggunakan fitur hibernasi di sebuah aplikasi, cache yang telah mengisi penyimpanan dan terkait dengan aplikasi yang dipilih, akan dihapus.

Saat ini, tidak ada informasi tentang proses pembersihan penyimpanan lain, seperti kompresi aplikasi yang tidak aktif, apakah termasuk dalam fitur hibernasi atau tidak. Namun, cara kerja dari langkah awal dengan membersihkan cache sudah dikatakan cukup baik.

Hal tersebut dikarenakan cache dari aplikasi yang aktif biasanya dapat beranak-pinak tanpa disadari oleh sebagian besar pengguna Android.

Dengan fitur terbaru yang akan dirilis Android ini, hibernasi diharapkan dapat membantu pengguna untuk memperlonggar ruang memori penyimpanan yang tadinya padat karena cache.

Akan tetapi, hingga saat ini belum ada informasi mengenai apakah sistem ini bekerja secara otomatis atau pengguna dapat memilih aplikasinya sendiri untuk dihibernasikan.


Baca juga artikel terkait HP ANDROID atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Addi M Idhom
DarkLight