Apa Itu Energi dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari?

Oleh: Cicik Novita - 13 September 2021
Dibaca Normal 2 menit
Menurut Kemdikbud, energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Berikut pengertian, macam-macam, dan perubahan energi disertai contohnya.
tirto.id - Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Contohnya, saat hendak menyalakan lampu, kita butuh energi. Manusia sangat membutuhkan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Energi dibedakan menjadi dua, yaitu energi dari minyak bumi dan non minyak bumi. Energi juga dapat berubah bentuk. Contohnya, televisi, dari energi listrik menjadi energi gambar lalu menjadi energi bunyi.


Pengertian Energi

Pengertian energi sebagaimana dilansir laman Kemdikbud adalah: kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha. Saat manusia berjalan, makan, belajar, mandi, dan aktivitas lainnya, ia membutuhkan energi agar tubuhnya bisa bergerak. Energi manusia berasal dari makanan. Jadi, makanan adalah sumber energi.


Macam-macam energi

  • Energi dari minyak bumi: minyak tanah, bensin, solar
  • Energi non minyak bumi: cahaya matahari, angin, air, gelombang laut, bahan bakar bio (minyak kelapa sawit, minyak biji jarak, minyak bunga matahari).


Perubahan energi

Ternyata energi dapat berubah bentuk. Peralatan rumah tangga banyak yang memanfaatkan perubahan bentuk energi, misalnya saja televisi, setrika, mesin cuci, dan lainnya. Televisi adalah perubahan bentuk energi listrik, menjadi energi gambar dan energi bunyi. Setrika adalah perubahan energi listrik menjadi energi panas.

  • Energi bunyi

Bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar. Misalnya alat musik gitar, yang jika senarnya dipetik maka akan bergetar dan menghasilkan bunyi. Karena itu gitar disebut sumber bunyi. Contoh lain adalah gendang, yang jika ditabuh maka akan bergetar. Saat bergetar maka bunyi akan terdengar di telinga.

Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair dan gas. Perambatan bunyi melalui benda padat contohnya detak jantung yang terdengar melalui stetoskop. Perambatan melalui benda gas contohnya adalah suara petir di langit yang merambat melalui udara.

Bunyi dapat diserap/diredam menggunakan benda lentur seperti busa, kain wol atau karpet tebal.

Bunyi dapat memantul. Jika mengenai benda padat seperti besi, dinding atau batu, maka bunyi akan memantul. Hal itu bisa membantu manusia untuk mengukur kedalaman laut, yakni dengan memantulkan gelombang bunyi ke dalam laut.

  • Energi cahaya

Energi cahaya dihasilkan oleh benda yang dapat memancarkan cahaya. Misalnya matahari, bintang, dan api. Sifat cahaya adalah dapat merambat lurus, dapat dipantulkan, dapat menembus benda bening, dapat dibiaskan, dan dapat diuraikan.

  • Energi alternatif/energi terbarukan

Pada laman pendidikan.id, energi alternatif adalah energi yang dihasilkan bukan dari bahan bakar minyak bumi dan bahan bakar konvensional. Sumber energi alternatif dapat diperbarui.

Macam-macam sumber energi alternatif:

  • Energi matahari

Sinar matahari yang panas terik adalah sumber energi alternatif yang bisa digunakan untuk menghasilkan energi lain. Caranya dengan memakai panel surya yang akan menyimpan energi panas matahari menjadi energi listrik. Sinar matahari juga dipakai oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis yang membuat tumbuhan bisa terus tumbuh.

  • Energi angin

Angin yang bertiup kencang dapat diubah menjadi energi lain. Misalnya pada perahu layar, angin adalah penggerak agar kapal bisa berjalan.

Angin juga bisa diubah menjadi energi listrik menggunakan kincir angin yang berputar saat tertiup angin. Tenaga angin dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik dengan menggunakan alat aerogenerator yang dipasang pada kincir.

  • Energi air

Aliran air yang deras pada sungai atau waduk, dapat diubah menjadi energi listrik. Hal itu dapat dilihat pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Air yang mengalir membuat turbin berputar, lalu generator yang terhubung pada turbin juga berputar dan menghasilkan energi listrik.

  • Energi panas bumi (geotermal)

Energi panas bumi terdiri atas uap dari dalam bumi yang keluar dan digunakan untuk memutar turbin. Generator di turbin kemudian juga berputar, yang hasilnya menimbulkan energi listrik.

Contoh Perubahan Energi


  • Energi kimia menjadi energi gerak: contohnya bensin pada sepeda motor yang diubah menjadi energi gerak sehingga motor dapat berjalan.
  • Energi gerak menjadi energi bunyi: contohnya tangan yang bertepuk hingga menghasilkan suara.
  • Energi listrik menjadi energi panas: contohnya setrika.
  • Energi listrik menjadi energi cahaya: contohnya lampu, senter, televisi.
  • Energi listrik menjadi energi gerak: contohnya kipas angin, mesin cuci, bor listrik
  • Energi listrik menjadi energi bunyi: contohnya radio, klakson


Baca juga artikel terkait ENERGI atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight