Apa Itu Chuseok Hari Libur Korea yang Dirayakan BTS dan Idol Lain

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 22 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Apa itu chuseok di Korea dan arti happy chuseok, ucapan dari BTS dan idol lain.
tirto.id - Hari Chuseok adalah hari libur perayaan Korea semacam Thanksgiving. Para idol Kpop seperti BTS, ITZY, TXT, dan banyak lagi mengucapkan "Happy Chuseok" untuk para penggemar, khususnya yang merayakan di Korea.

Perayaan Chuseok tahun ini jatuh pada 21 September, dan liburan dirayakan selama tiga hari dari 20 September hingga 22 September. Apa itu hari Chuseok dan bagaimana perayaannya di Korea?


Arti Happy Chuseok


Happy Chuseok adalah ucapan yang biasanya diberikan pada hari Chuseok yang jatuh pada 21 September, atau tanggal ke-15 bulan lunar kedelapan, sekitar akhir musim panas atau awal musim gugur.


Kedatangan bulan purnama menandai festival nasional penting yang disebut Chuseok, juga dikenal sebagai Hangawi. Dilansir SCMP, Chuseok adalah salah satu dari tiga hari libur utama Korea, selain Seollal (1 Januari) dan Dano (hari spiritual).

Chuseok secara tradisional dirayakan untuk berterima kasih kepada surga atas panen yang sukses dan berharap untuk panen sukses yang lain di tahun mendatang.

“Petani di Korea memanen beras, makanan terpenting di Korea [dan Asia Timur], hanya sekali, dan itu selama Chuseok. Itu karena cuacanya sangat bagus,” kata Kim Hye-won, direktur The Cultural Studies Center of East Asia.

Meskipun Chuseok sebenarnya adalah perayaan yang lekat dengan pertanian, namun di Korea saat ini, Chuseok juga menjadi waktu bagi orang untuk mengunjungi keluarga, makan makanan tradisional dan membuat persembahan kepada leluhur yang telah meninggal.

Selama tiga hari libur nasional, banyak orang Korea yang merantau, pulang ke kampung halaman untuk merayakan Chuseok bersama keluarga. Setiap pagi pada libur Chuseok, banyak keluarga merayakan charye, ritual minum teh yang diadakan untuk menghormati leluhur yang telah meninggal.


Tradisi Chuseok di Korea


Dilansir Asia Society, orang Korea merayakan Chuseok dengan membuat makanan khusus, yaitu kue beras yang disebut songpyeon.

Songpyeon dibuat dengan beras baru yang ditumbuk halus dan adonan diremas menjadi bentuk bulat kecil dan diisi dengan biji wijen, chestnut, kacang merah, atau bahan serupa lainnya.

Kue beras disusun di atas lapisan jarum pinus saat dikukus, memenuhi rumah dengan aroma musim gugur yang lembut dan segar.

Pada malam Chuseok, anggota keluarga berkumpul untuk membuat songpyeon bersama, menggambarkan pentingnya keluarga dalam masyarakat Korea.

Tradisi Chuseok lainnya di Korea modern adalah pemberian hadiah. Orang Korea akan memberikan hadiah tidak hanya kepada kerabat mereka, tetapi juga kepada teman dan kenalan bisnis untuk menunjukkan terima kasih dan penghargaan mereka.

Beberapa ide hadiah adat adalah potongan daging sapi berkualitas tinggi, buah segar seperti apel, dan set hadiah dari segala sesuatu mulai dari makanan ringan tradisional Korea hingga barang-barang rumah tangga.

Jika Anda datang ke supermarket dan department store sebelum Chuseok, Anda pasti akan menemukan berbagai macam set hadiah yang dijual.


Baca juga artikel terkait CHUSEOK atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight