Apa Itu Casual Dating, Arti dan Bagaimana Aturannya?

Kontributor: Endah Murniaseh - 24 Mar 2021 12:06 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Casual dating adalah hubungan tanpa ikatan pasti, tetapi memiliki tujuan serta keinginan yang sama.
tirto.id - Memiliki pasangan yang tepat merupakan dambaan banyak orang. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menemukan pasangan ideal, salah satunya dengan casual dating.

Casual dating adalah hubungan antara dua orang tanpa ikatan yang pasti. Hal ini dapat dilakukan jika dua orang tersebut memiliki tujuan serta keinginan yang sama.

Menutip Healthline, secara umum casual dating dikategorikan menjadi beberapa hal, antara lain:

  • Suatu hal yang lebih dari friends with benefits atau status hubungan;
  • Hubungan yang melibatkan beberapa persen ketertarikan emosional;
  • Situasi yang tidak memiliki label pasti dalam hubungan;
  • Ketertarikan didasari oleh kesenangan, bukan komitmen.
Casual dating sendiri memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Casual dating dapat digunakan sebagai masa transisi sebelum menjalin hubungan yang lebih serius. Sebab, tidak semua orang merasa nyaman saat berkencan secara serius atau bahkan tidak berkencan sama sekali.
  • Dapat membuat Anda tahu apa yang Anda inginkan dan tidak diinginkan.
  • Melalui casual dating, Anda dapat mengetahui apa yang Anda anggap penting dan tidak dalam sebuah hubungan. Anda dapat mengetahui kebiasaan atau hal lain yang Anda tidak sukai dalam hubungan.
  • Salah satu kesempatan untuk menjalin hubungan tanpa tekanan.
  • Casual dating bisa menjadi salah satu cara bagi seseorang yang masih tetap melajang namun memiliki keinginan untuk merasakan seperti apa itu berkencan.
Meskipun memiliki banyak manfaat, nyatanya casual dating tidak dapat dilakukan semua orang. Hanya beberapa orang saja yang mau melakukannya, hal ini karena beberapa orang merasa bahwa casual dating merupakan suatu hal yang memuakkan.

Namun demikian, casual dating akan baik-baik saja apabila dilakukan beberapa orang yang memiliki perasaan seperti berikut ini:

  • Orang yang mudah berperilaku romantis sejak pertama kali bertemu.
  • Seseorang yang mau mempertimbangkan hubungan yang serius ke depannya.
  • Seseorang yang membutuhkan hubungan yang memiliki status.
  • Mau untuk membentuk emosional yang kuat.
Pada pelaksanaannya, casual dating memiliki beberapa aturan agar menjadi hal yang menyenangkan. Berikut adalah adalah aturan casual dating menurut laman Everyday Health.

  1. Perbanyak relasi
Memiliki banyak relasi akan memudahkan Anda mencari seseorang yang baru saat Anda memiliki masalah dengan pasangan casual dating.

2. Melakukan eksperimen

Casual dating banyak dilakukan untuk menemukan seseorang yang tepat. Karena itulah tidak ada salahnya Anda bereksperimen dalam menjalin hubungan dengan seseorang yang memiliki karakter berbeda dengan Anda. Hal ini akan membuat Anda mengetahui banyak karakter orang lain.

3. Jujur

Jujur di awal menjadi dasar yang sangat penting dalam sebuah hubungan. Sebab, dengan mengatakan apa yang sebenarnya Anda inginkan, maka akan membuat orang lain memahami apa maksud casual dating Anda, serta mencegah orang lain merasa disakiti karena tidak jujur.

Jujur pada diri sendiri juga merupakan hal penting. Saat Anda tidak menyukai orang tersebut, maka Anda dapat menolaknya dengan sopan. Anda berhak untuk menerima atau pun menolak jika tidak sesuai dengan hati Anda.

4. Jangan bercerita tentang orang spesial lainnya

Bercerita tentang orang lain yang menurut Anda spesial akan membuat pasangan casual dating menjadi cemburu dan tidak menyukai hal tersebut.

5. Tidak melakukan hubungan seks

Sebenarnya hubungan seks bisa saja dilakukan oleh pasangan casual dating jika Anda tidak memiliki ketertarikan emosional setelah melakukannya.

Namun, hubungan seks bagi pasangan casual dating tidak disarankan oleh konselor hubungan dan terapis seks. Sebab, hubungan seks akan meningkatkan keterikatan emosional yang dapat membuat anda merasa sulit merasa santai atau pun tidak terikat dalam casual dating.

6. Nikmati waktu bersama

Casual dating akan membuat pengalaman baru bagi Anda. Karena itu, manfaatkan casual dating dengan kegiatan yang menyenangkan.

7. Hargai pasangan Anda

Meskipun tidak memiliki keterikatan, setiap orang memiliki perasaan yang perlu Anda hargai. Tetaplah perlakukan dengan baik jika Anda bertemu dengannya dan selalu anggap dia ada. Jika ia meminta Anda menjalin hubungan serius namun Anda tidak menginginkannya, maka tolaklah dengan perkataan yang baik dan tidak menyinggung.


Baca juga artikel terkait RELATIONSHIP atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight