Apa Fungsi 3 Kamera Belakang di OPPO R17 Pro?

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 4 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jika ditambah lensa selfie, maka OPPO R17 Pro total membawa 4 kamera.
tirto.id - OPPO R17 Pro telah resmi diperkenalkan di Indonesia dan membidik kelas atas. Smartphone ini dijual dengan harga yang cukup tinggi, yakni Rp9.999.000 atau nyaris Rp10 juta. Pre-order OPPO R17 Pro telah dibuka mulai hari ini, Jumat, 4 Januari 2018 melalui gerai OPPO dan beberapa situs e-commerce.

Kamera merupakan sektor yang paling menarik dari smartphone OPPO R17 Pro. Pabrikan asal Cina ini memang sejak awal mengunggulkan dukungan tiga kamera belakang yang diklaim andal untuk memotret kondisi low-light. OPPO cukup percaya diri dengan menggunakan tagline "Seize the night" untuk R17 Pro.

OPPO R17 Pro dibekali tiga buah kamera dengan fungsi yang berbeda. Kamera utama berkekuatan 12MP dengan sensor berukuran besar dari Sony IMX362 yang didukung fitur variabel aperture f/1.5 - f/2.4. Tak hanya itu, kamera utama ponsel ini juga mendukung phase-detection autofokus dan OIS (Optical Image Stabilization).

Berdasarkan informasi dari laman OPPO, fitur OIS ini dapat membuat pengambilan gambar lebih stabil dan memungkinkan shutter speed yang lebih panjang untuk foto low-light yang lebih baik. Selain itu, kamera utama OPPO R17 Pro dilengkapi 7 elemen lensa atau 7P yang dapat membuat gambar tampil lebih tajam untuk pemotretan malam hari.


Adapun kamera kedua berkekuatan 20MP dibekali dengan lensa aperture f/2.6 dan didukung fitur autofokus. Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman GSM Arena, kamera kedua OPPO R17 Pro hanya berfungsi sebagai depth sensor saja. Sementara kamera ketiga berkekuatan 5 megapiksel sebagai time-of-flight (TOF) 3D stereo.

OPPO R17 Pro menghadirkan mode malam yang membuat kamera andalannya mampu membidik foto dengan hasil yang tajam, minim noise, dan saturasi warna yang tetap terjaga. Hal ini tak lepas dari dukungan fitur AI Ultra-clear Engine yang merupakan teknologi berbasis kecerdasan buatan untuk meningkatkan kualitas foto.

Penggemar foto selfie tak akan dikecewakan oleh OPPO R17 Pro lantaran dipersenjatai kamera depan berkekuatan 25MP dengan lensa aperture f/2.0 dan didukung sensor Sony IMX576. Kamera depan ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur AI Beauty yang mampu mempercantik foto selfie sesuai dengan karakter wajah pengguna.

Adapun R17 Pro resmi diboyong ke Indonesia dalam sebuah acara peluncuran di Jakarta, Kamis (3/1/2018). Pihak OPPO Indonesia optimistis bahwa R17 Pro menjadi solusi bagi profesional muda akan sebuah smartphone yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Kami yakin OPPO R17 Pro dapat mendukung para profesional muda Indonesia untuk beraktivitas secara lebih efektif dan efisien, baik ketika bekerja maupun bersosialisasi," ujar Alinna Wenxin, Marketing Director OPPO Indonesia.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi