AP II Jelaskan Kegunaan Fitur Baru Aplikasi Indonesia Airports

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 21 November 2018
AP II menjelaskan kegunaan fitur baru dalam aplikasi Indonesia Airports (IA) termasuk notifikasi situasi bandara.
tirto.id - PT Angkasa Pura II (AP II) menambahkan sejumlah fitur baru pada aplikasi Indonesia Airports (IA). Beberapa diantaranya mencakup notifikasi situasi bandara, layanan informasi selama dan pasca perjalanan, serta layanan pemesanan di kios bandara.

Fitur notifikasi itu akan menghadirkan informasi teraktual mengenai kondisi operasional bandara yang dikelola PT AP II. Seperti adanya perbaikan atau perawatan fasilitas serta keadaan lalu lintas di sekitar bandara. Saat ini di Bandara misalnya Soekarno-Hatta terdapat pembangunan east cross taxi way dan runway ke-3.

"Fitur itu ditujukan agar penumpang dapat mempersiapkan diri dan datang lebih awal dari jam keberangkatan", ucap Muhammad Awaluddin selaku President Director PT AP II pada Selasa (20/11/2018) lalu.

Selain itu, fitur lainnya yang kini dimiliki aplikasi IA juga mencangkup detail penerbangan dan letak gate keberangkatan penumpang yang bersangkutan dalam fitur process on journey.

Di samping itu, fitur serupa bernama post journey juga memungkinkan penumpang untuk memesan tiket taksi, layanan parkir inap, dan kereta bandara serta dapat melihat jadwal bus, sky train, shuttle bus.

Layanan terakhir yang turut ditambahkan mencangkup Airport Delivery yang dapat membantu penumpang dalam memesan makanan di tenant-tenant di Terminal Bandara yang dikelola AP II. Disamping itu, dari sisi hiburan PT AP II juga menambahkan OONA yang menawarkan tayangan TV lokal dan internasional serta konten-konten Video-on-Demand (VOD) secara gratis.

"Semoga layanan ini dapat memanjakan pelanggan bandara secara nyata, serta meningkatkan tingkat pelayanan AP II," ucap Awaluddin.

IA App telah diunduh lebih dari 130 ribu pengguna untuk platform Android maupun IOS. Sejak 2017 lalu sejumlah layanan aplikasi yang disediakan juga mencakup e-boarding pass yang sudah dapat digunakan pada seluruh maskapai penerbangan pada tahun 2018.

Baca juga artikel terkait BANDARA SOEKARNO HATTA atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Maya Saputri