Anies Rutin ke Luar Negeri, Fraksi PDIP: Mau Jadi Capres 2024

Oleh: Haris Prabowo - 12 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Anies sedang berada di Amerika Serikat, setelah beberapa hari lalu berada di Kolombia.
tirto.id - DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, William Yani, merespons isu rutinnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pergi ke luar negeri. Saat ini Anies sedang berada di Amerika Serikat hingga 18 Juli 2019 mendatang, setelah beberapa hari lalu berada di Kolombia.

William menuding rajinnya Anies ke luar negeri tak lepas dari motif politisnya ingin menjadi calon presiden 2024 mendatang, apalagi kepergian Anies ke Kolombia menjadi pembicara.

"Kalau saya duga itu memang persiapan dia mau jadi capres," kata William saat dihubungi, Jumat (12/7/2019) sore.

Akan tetapi, menurut Willian, untuk menjadi Capres di 2024 tak perlu harus rutin ke luar negeri karena pemilihnya tetap ada di Indonesia.

"Nah, itu saya juga bingung [apakah memang mencari bantuan suara atau link politik], tapi kan kalau mau Capres juga enggak harus ke luar negeri," katanya.

Ia yakin betul langkah Anies menjadi Gubernur DKI Jakarta hanya menjadi batu loncatan untuk menempuh politik elektoral yang lebih besar di 2024.

"Iya, batu loncatan sekadarnya saja," tambahnya.

William mengkritik langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang rutin melawat ke luar negeri, namun tak banyak memberikan perubahan di Jakarta.


Saat ini Anies sedang berada di Amerika Serikat, setelah beberapa hari lalu berada di Kolombia. Melihat keadaan seperti itu, William menuding bahwa Anies seperti tidak mengurusi Jakarta layaknya seorang Gubernur.

"Menurut saya sih Anies enggak ngurusin sama sekali Jakarta, jadi kayak autopilot. Jakarta itu bergerak autopilot enggak ada dia [Anies] pun ya berjalan begini-begini aja. Iya gini-gini aja. Enggak ada nilai tambah kok," kata William saat dihubungi, Jumat (12/7/2019) sore.

"Iya tidak mengurusi. Jadi apa yang terjadi sekarang saya sebut Pemprov DKI itu autopilot. Otomatis aja berjalan. Kan saya tanya misalnya begini, program apa Pak Anies yang sudah dijalankan? Enggak ada tuh," lanjutnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan akan melanjutkan perjalanan ke Amerika Serikat (AS) setelah beberapa hari berada di Kolombia. Anies terbang ke Kolombia pada Rabu, 10 Juli 2019. Di Kolombia, ia menghadiri pertemuan World Cities Summit.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah mengatakan, setelah beberapa hari di Kolombia, Anies tidak langsung kembali ke Jakarta. Anies akan berada di Amerika Serikat hingga 18 Juli 2019 mendatang.

Saefullah tak menjelaskan agenda Anies di AS. Dia hanya berjanji akan memberitahukan agenda Anies di AS kepada publik secepatnya.


Baca juga artikel terkait CAPRES 2024 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight