Pandemi COVID-19

Anies & Riza Positif Corona, DPRD: Roda Pemerintahan Harus Jalan

Oleh: Riyan Setiawan - 1 Desember 2020
Ketua DPRD minta Pemprov DKI tetap harus tetap melayani masyarakat dengan baik dan prima meski Anies dan Riza positif COVID-19.
tirto.id - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi meminta roda pemerintahan harus tetap berjalan meskipun Gubernur Jakarta Anies Baswedan dinyatakan positif COVID-19. Prasetio menilai, dinyatakan Anies beserta Wakilnya, Riza Patria positif COVID-19, merupakan perisitiwa yang berat.

"Tentu ini peristiwa berat untuk pemprov DKI di mana gubernur dan wakil gubernur positif. Tetapi bagaimana pun saya meminta agar roda pemerintahan tetap berjalan sebagaimana mestinya," kata Prasetio kepada wartawan, Selasa (1/12/2020).

Politikus Partai PDIP itu meminta agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap harus melayani masyarakat dengan baik dan prima.

"Mungkin Pak Gubernur juga telah mempersiapkan siapa pelaksana harian sementara. Dan saya meminta kepada Plh ini untuk tetap optimal melakukan pengawasan dan pemulihan di masa pandemi," kata dia.

Atas peristiwa tersebut, Prasetio meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Balai Kota Jakarta untuk mematuhi protokol kesehatan. "Tetap lakukan pelayanan terbaik kepada warga," jelas dia.

Prasetio menjelaskan, saat ini DPRD DKI Jakarta tengah melakukan finalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI tahun 2021. "Di sini sinergitas kerja antara Pemerintah daerah dan DPRD harus tetap terjalin, berjalan," tuturnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengonfirmasi bahwa dirinya dinyatakan positif terpapar virus COVID-19. Anies dinyatakan positif COVID-19 setelah melakukan swab tes pada Senin (30/11/2020) siang. Hasil tes tersebut keluar pada Selasa (1/12/2020) dini hari.

"Tes PCR menyatakan kalau saya [Anies Baswedan] positif COVID-19. Saya menyampaikan hari ini. Saya menyampaikan apa adanya, transparan, tidak ditambah dan tidak dikurangi," kata Anies dalam Instagram pribadinya @aniesbaswedan , Selasa (1/12/2020).

Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria dinyatakan positif COVID-19 setelah melakukan swab tes pada Jumat, (27/11/2020).



Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Abdul Aziz
DarkLight