Anies Minta Petugas Sensus Door to Door Terapkan Protokol COVID-19

Oleh: Riyan Setiawan - 31 Agustus 2020
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta petugas sensus penduduk door to door dapat mematuhi standar protokol kesehatan COVID-19.
tirto.id -
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pada September ini, akan diadakan tahap lanjutan sensus penduduk yang akan dilaksanakan secara door to door (dari rumah ke rumah warga) oleh para petugas dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan sensus penduduk kali ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, dia meminta agar petugas sensus penduduk dari BPS untuk menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, Anies juga mengimbau kepada para Ketua RT di seluruh penjuru Jakarta untuk bisa membantu para petugas survei agar tetap mengikuti protokol kesehatan.

"Sehingga kehadirannya untuk melakukan survei atau sensus ini tetap mengikuti protokol kesehatan pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan secara rutin," kata Anies melalui akun resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI @dkijakarta , Senin (31/8/2020).

Kemudian, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengimbau kepada seluruh masyarakat di DKI Jakarta untuk menyambut kegiatan ini, terima kedatangan para petugas, jawab pertanyaan dengan sebenar-benarnya, agar data yang diperoleh bisa akurat, tepat, dan komprehensif.

"Yang akhirnya bisa dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan dan keputusan-keputusan," tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap agar gelaran sensus penduduk 2020 ini sukses, berjalan lancar, dan memberikan manfaat bagi semuanya.

"Serta yang tidak kalah penting, aman dan sehat bagi semua. Selamat," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait SENSUS PENDUDUK 2020 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Maya Saputri
DarkLight