Anies Minta Pesepeda & Pengguna Jalan Lain Saling Menghormati

Reporter: Riyan Setiawan - 3 Jun 2021 11:42 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Anies meminta agar semua pengendara kendaraan harus saling menghormati dan mengikuti aturan.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim secara konsisten akan memfasilitasi pesepeda di Ibu Kota. Anies akan memprioritaskan fasilitas sepeda sebagai alat transportasi, bukan sekadar hobi atau olahraga. Hal itu dikatakan Anies menyambut Hari Sepeda Dunia yang jatuh pada hari ini, Kamis (3/6/2021).

"Sadarilah, bahwa jalan ini bukan milik satu jenis moda transportasi. Jadi jangan sampai ada yang menggunakan jalan tanpa memikirkan keselamatan orang lain maupun keselamatan dirinya," kata Anies di Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Anies meminta agar semua pengendara kendaraan harus saling menghormati dan mengikuti aturan.

"Semua ingin pesepeda dan kendaraan bermotor saling menghormati dan mengikuti aturan. Nomor satu adalah keselamatan, khususnya keselamatan bagi pengguna jalan yakni orang lain dan dirinya," kata Anies

Anies mengatakan Pemprov DKI Jakarta masih membahas peraturan untuk para pesepeda, termasuk dari segi penindakan. Pasalnya sebagai kepala daerah, Anies tidak ingin sepihak membuat aturan tanpa membahasnya dengan pihak terkait, sebab hal itu akan merepotkan petugas di lapangan.

"Jadi kita kalau siapkan dulu dokumennya, siapkan dulu aturannya baru diumumkan, kalau tidak nanti kerepotan di lapangan, jadi kita siapkan peraturannya nanti diumumkan," tuturnya.

Pada 26 Mei lalu, beredar foto seorang pemotor mengacungkan jari tengah kepada rombongan pesepeda balap yang memadati ruas jalan raya viral di media sosial. Foto tersebut diunggah oleh akun @luckybw pada 26 Mei 2021 sekitar pukul 06.30 WIB. Momen itu terjadi di Kawasan Dukuh Atas, Menteng, Jakarta Pusat.

Pada Hari Sepeda Dunia ini, Anies juga melakukan kegiatan bike to work ini. Dia melakukan gowes bareng dari rumah ke kantor bersama Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijn, Duta Besar Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen, hingga anggota BPK RI ikut gowes bersama Anies menuju ke kantor masing-masing.

"Saya juga berangkat dari rumah saya. Kalau dihitung kilometer, 19 km sampai ke Balai Kota. Lalu tadi kita berkumpul di Bundaran Senayan. Bersama-sama kami adalah anggota 5 BPK RI, Prof Daulah Akbar, Dubes Belanda, Dubes Denmark, dan komunitas bike to work," jelas Anies.


Baca juga artikel terkait ATURAN PESEPEDA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Bayu Septianto

DarkLight