Anies Lantik Rustam Effendi Jadi Walikota Karena Putra Asli Jakarta

Oleh: Naufal Mamduh - 5 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Anies Baswedan mengatakan, Rustam Effendi adalah putra asli Jakarta, dan kedekatan budaya antara Rustam dan daerah yang dipimpinnya bisa berpengaruh pada pembangunan.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai jika dipilihnya Rustam Effendi sebagai Wali Kota Jakarta Barat karena merupakan putra asli dari Jakarta tepatnya Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Selain Rustam ada 3 wali kota lainnya yang asli dari Jakarta yakni Marullah Matali selaku Wali Kota Jakarta Selatan, Bayu Meghantara selaku Wali Kota Jakarta Pusat dan Muhammad Anwar selaku Wali Kota Jakarta Timur.

"Ya benar jadi ternyata dari lima wali kota itu, empat adalah putra Jakarta. Putra Betawi. Ini pak Rustam asli dari Jakarta Barat, Kebon Jeruk kalau enggak salah, Pak Marullah itu Selatan, kemudian Pak Bayu dari Klender atau Duren Sawit ya, lalu Pak Anwar itu anak dari Kebon Kacang," ucap Anies di Balai Kota, Kamis (5/7/2018)

Menurut Anies, kedekatan budaya antara Rustam dan daerah yang dipimpinnya bisa berpengaruh pada pembangunan kota di Jakarta. Jika kota-kota di Jakarta dipimpin oleh orang yang asli Jakarta maka mereka dianggap lebih paham kondisi kotanya.

"Jadi ini anak-anak dari Jakarta tumbuh besar di sini dan sekarang menjadi walikota, mudah-mudahan mereka bukan saja bisa memimpin dengan baik tapi mereka mengerti benar sosiologi dari masyarakat di wilayahnya jadi dengan begitu kehadirannya akan terasa lebih bermakna barangkali buat lingkungan sekitar," ucap Anies.

Sosok Rustam sendiri menjadi kontroversi. Pasalnya di era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Rustam sempat mengundurkan diri sebagai Wali Kota Jakarta Utara lantaran bersitegang dengan Ahok.

Sebelum mengajukan surat pengunduran diri, sepekan sebelumnya ia juga sempat menuliskan keluhannya soal gaya kepemimpinan Ahok di akun Facebook miliknya.

Tetapi di kepemimpinan Anies, Rustam kembali mendapat jabatannya sebagai wali kota. Pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di Balai Kota hari ini, Rustam resmi menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Barat. Atas alasan tersebut Anies berharap agar Rustam dapat membawa pengalamannya untuk membangun Kota Jakarta Barat.

"Dan saya percaya mereka mereka sudah berpengalaman dan bisa memimpin dan bisa menjalankan semua program yang baik," ucap Anies.

Selain Rustam, hari ini ada 19 pejabat lain yang dilantik oleh Anies. Pelantikan ini terdiri dari 17 pejabat tinggi pratama, 2 orang pejabat administrator dan 1 orang widyaiswara ahli madya.

Kepada mereka yang dilantik, Anies meminta agar bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Dalam jabatan yang baru saya percaya saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa selalu bersama kita," ucap Anies.


Baca juga artikel terkait PELANTIKAN WALI KOTA atau tulisan menarik lainnya Naufal Mamduh
(tirto.id - Politik)

Reporter: Naufal Mamduh
Penulis: Naufal Mamduh
Editor: Yandri Daniel Damaledo