Anies Lantik 8 Pejabat Baru DKI, Salah Satunya Rustam Effendi

Oleh: Hendra Friana - 10 Januari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Anies melantik 8 penjabat Pemprov DKI Jakarta untuk menempati posisi baru, pada hari ini. Salah satunya Rustam Effendi.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merombak beberapa posisi pejabat pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov DKI Jakarta. Perombakan ini berlangsung di tengah masa program 100 hari pemerintahan Anies bersama Sandiaga Uno di ibu kota.

Anies memimpin pelantikan sejumlah pejabat dengan posisi baru itu di Balai Agung, Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Rabu (9/1/2018).

Anies melantik 8 penjabat tersebut untuk menempati beberapa posisi baru. Mereka ialah Rustam Effendi sebagai Kepala Biro Administrasi Sekretariat Daerah, Bambang Sugiyono sebagai asisten Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Pemukiman dan Agus Suradika sebagai Asisten Deputi Gubernur Bidang Budaya.

Selain itu, Heri Supardan sebagai Wakil Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Syamsudin Lologau sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Artal Reswan W Soewardjo sebagai Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah.

Dua pejabat lainnya adalah Faisal Sarifudin sebagai Wakil Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD), dan Usmayadi sebagai Sekretaris Kota Jakarta Timur.

Anies mengatakan, perombakan tersebut dilakukan untuk mengisi beberapa posisi kosong seperti Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan, Wakil Kepala BPRD, dan Wakil Kepala BPKD. Ia juga mengatakan bahwa keputusan itu telah dikonsultasikan dan disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri pada akhir 2017 lalu.

"Sebenarnya proses Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) sudah panjang. Tapi kita jalankan sesudah tahun baru supaya proses anggaran kemarin sudah tuntas, lalu kemudian pos-pos yang kosong diisi. Dengan begitu kita punya organ yang optimal. Tidak ada titik yang kosong untuk eksekusi 2018," kata Anies.

Beberapa nama dalam daftar rotasi pejabat itu bukanlah orang-orang baru di jajaran pegawai eselon II DKI Jakarta. Rustam Effendi, misalnya, pernah menjabat sebagai Pelaksana di Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri Sekretariat Daerah. Rustam merupakan mantan Wali Kota Jakarta Utara yang mundur di era pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Menurut Anies, penempatan Rustam pada jabatan baru tersebut sudah melalui kajian pada rekam jejaknya yang cukup panjang di SKPD Pemprov DKI.

"Sebetulnya dulu dia Wali kota. Bukan staf itu. Jangan lihat kemarin dan sekarang saja, lihat perjalanannya" ujar Anies.

Selain Rustam, nama Faisal Sarifudin juga dinilai oleh Anies layak mengisi jabatan wakil kepala BPRD yang selama ini kosong. "Beliau sebelumnya sekretaris. Sekarang jadi wakil. Naik sebenarnya itu. Dari dalam, tadinya sekretaris, jadi wakil. Ada proses Baperjakat di sana."

Sementara enam orang lainnya, menurut Anies, juga ditempatkan di posisi baru melalui proses Baperjakat.

Bambang Sugiyono sebelumnya menjabat sebagai asisten Pemerintahan Sekda, Syamsudin Lologau sebagi Asisten Deputi Gubernur Bidang Pemukiman, Agus Suradika sebagai kepala BKD, serta Heri Supardan dan Artal Reswan W soewardjo sebagai Widyaiswara Badan Pengembangan SDM Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga artikel terkait PEJABAT DKI atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Politik)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Addi M Idhom