Anies Kunjungi RS Fatmawati usai Risma Blusukan di Jakarta

Oleh: Riyan Setiawan - 7 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan blusukan ke RS Fatmawati setelah Mensos Tri Rismaharini gencar melakukan blusukan di Jakarta.
tirto.id - Gubernur DKI Anies Baswedan melakukan blusukan ke Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan yang menjadi tempat rujukan pasien COVID-19. Dia melakukan kunjungan setelah Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini gencar melakukan blusukan di Jakarta.

Anies blusukan ke RS Fatmawati setelah dirinya telah sembuh dari COVID-19 pada 29 Desember 2020 lalu.

Anies blusukan ke Rumah Sakit Fatmawati pada Kamis, 7 Januari 2020 pukul 08.57 WIB. Hal itu diketahui melalui instastory yang diunggah oleh Anies melalui akun Instagram resminya @aniesbaswedan.

Dalam kegiatannya itu, ini Anies terlihat mengenakan pakaian medis berwarna biru muda, dilengkapi dengan masker, dan pelindung wajah atau faceshield.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu terlihat tengah berbincang dengan petugas rumah sakit dan tenaga kesehatan yang sehari-hari menangani pasien COVID-19.

"Ruang ICU COVID-19-nya ada 9," kata petugas RS Fatmawati di dalam video tersebut.

Petugas RS Fatmawati melanjutkan jika di ruangan tersebut terdapat dua penjaga dan 10 sampai 16 perawat.

"Ada pasien berapa?" tanya Anies.

Petugas Rumah Sakit pun menjawab, "Ada 22 pasien."

Pada saat itu, Anies juga terlihat mengecek beberapa pasien COVID-19 yang dirawat intensif melalui monitor yang tersedia di ruang perawat. Selain itu, dia juga mengecek kondisi tempat tidur pasien secara langsung.

Sebelumnya, hari pertama bekerja sebagai Menteri Sosial, Tri Rismaharini blusukan--kebiasaan lama Risma saat masih menjabat Wali Kota Surabaya. Risma ditemani pejabat teras Kemensos, blusukan ke kawasan kumuh di belakang kantornya di bantaran Sungai Ciliwung.

Risma juga mengunjungi warga yang tinggal di kolong jembatan dan menjanjikan hunian layak. Blusukan lagi, ia datang ke Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis “Pangudi Luhur” di Bekasi, Jawa Barat.



Baca juga artikel terkait BLUSUKAN atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Maya Saputri
DarkLight