Anies Jamin Para Veteran Kemerdekaan RI Bebas Tinggal di Jakarta

Oleh: Alfian Putra Abdi - 17 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan, para veteran kemerdekaan RI 1945 dan turunannya bebas tinggal di Jakarta, serta tidak dibebani pajak bumi dan bangunan.
tirto.id - Gubernur Anies Baswedan menyatakan, Ibu Kota DKI Jakarta merupakan daerah yang ramah bagi para veteran kemerdekaan RI 1945.

Hal itu disampaikan Anies saat menggelar upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di pulau reklamasi Kawasan Pantai Maju, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu (17/8/2019).

"Di Jakarta semua pejuang kemerdekaan dan turunannya tidak dibebani pajak bumi dan bangunan," ujar Anies yang juga bertugas sebagai inspektur upacara setelah acara berakhir di lokasi, Sabtu (17/8/2019).

Menurut Anies, para pejuang-pejuang itu yang membebaskan Indonesia dari cengkraman kolonialisme. Tetapi, kadang nasibnya justru seolah terabaikan begitu saja.

"Banyak dari mereka yang tinggal di rumah yang sama sejak masa itu, terusir karena tidak mampu membayar pajak. Di tanah yang mereka perjuangkan dia tidak bisa membayar pajak," ujarnya.

Oleh sebab itu, ia mengatakan DKI Jakarta memilih membebaskan para veteran dan keluarganya untuk bisa bebas tinggal di Ibu kota.

"Tahun ini menjadi tahun di mana kita mengirimkan pesan kepada semua kedaulatan di Jakarta. Kita pertahankan dan penghargaan kepada para pejuang kita tinggikan. Dan pesan kepada seluruh jajaran mari kita teruskan perjuangan ini di bidang kita," ujarnya.

Perayaan upacara HUT RI ke-74 ini diikuti oleh Aparatur Sipil Negara DKI Jakarta dari lintas instansi, turut pula hadir para petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), organisasi massa Laskar Merah Putih, forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopomda), dan satuan pelajar SMAN.

Turut hadir pula beberapa kepala instansi sebagai petugas upacara. Antara lain Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin sebagai perwira upacara, Kepala Bidang Penyidik PNS (Kabid PPNS) Satpol PP DKI Jakarta Eko Saptono sebagai Komandan Upacara, Kasatpol PP Kecamatan Gambir Fitrano Jaya Putra sebagai Pembaca Pembukaan UUD 1945.

Selain itu, Pasukan Pengibar Bendera dari Paskibraka DKI Jakarta, Paduan Suara dari Jakarta Youth Choir binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, dan Korps Musik dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta.

Sementara pembaca Doa dari Biro Mental dan Spiritual Setda DKI Jakarta Ustaz H. Muchlish, serta Pembawa Acara dari Biro Kerja sama Daerah Kerja sama Luar Negeri (KDH dan KLN) DKI Jakarta.

Upacara di pulau D reklamasi dilaksanakan berdasarkan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 71 dan 72 tahun 2019 tentang Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019.


Baca juga artikel terkait HUT KEMERDEKAAN RI atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight