Anies Harap Penetapan Riza Patria Jadi Wagub DKI Cepat Tuntas

Oleh: Riyan Setiawan - 6 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap Wagub DKI terpilih Ahmad Riza Patria bisa segera ditetapkan Mendagri dan bisa segera bekerja.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan selamat kepada Wakil Gubernur (Wagub) DKI terpilih dari politikus Partai Gerindra Ahmad Riza Patria.

Pada pemilihan Wagub DKI Jakarta yang diselenggarakan Senin (6/4/2020) ini, Riza memperoleh sebanyak 81 suara. Lalu Nurmansyah jauh dibawahnya dengan perolehan 17 suara. Sementara 2 suara yang tidak sah. Sehingga total sebanyak 100 orang.

"Pemilihan perhitungan suara sudah selesai dan terpilih Bapak Ahmad Riza Patria. Saya mengucapkan selamat dan insyaallah kita bisa kerja sama dengan baik," kata dia usai menghadiri pemilihan Wagub DKI di Kantor DPRD DKI, Jakarta Pusat.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengatakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018, proses penetapan Wagub DKI dilanjutkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Namun, Anies mengaku belum mengetahui kapan penetapan Riza Patria yang terpilih sebagai Wagub DKI itu bakal ditindaklanjuti.

"Saya berharap proses berikutnya bisa tuntas supaya terus mulai bekerja," ucapnya.

Menanggapi sejumlah pihak yang menilai pemilihan Wagub ini dipaksakan di tengah kondisi COVID-19 atau pandemi virus corona, Anies tak ambil pusing. Dirinya menuturkan pemilihan Wagub DKI telah diselenggarakan sesuai dengan prosedur.

"Pokoknya yang penting secara prosedur ditaati dengan benar. Karena itu pegangannya," pungkasnya.

Politikus Partai Gerindra keluar sebagai pemenang dalam pemilihan wakil gubernur (Wagub) DKI Jakarta dari lawannya kader Partai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansyah Lubis.

"Nomor urut pertama Ahmad Riza Patria mendapatkan 81 suara. Nomor urut dua Nurmansjah Lubis mendapatkan 17 suara. Total suara sah 98. Suara tidak sah, ada dua," ungkap Ketua Panitia Pemilihan (Panlih), Farazandi Fidinansyah di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020).

Pada pemilihan Wagub DKI kali ini, dihadiri sebanyak 100 orang dari masing-masing fraksi partai. Terdapat enam anggota DPRD yang tidak hadir dalam pemilihan Wagub DKI kali ini lantaran telah mengisi daftar hadir dari waktu yang telah ditentukan pukul 10.00 WIB.

"Total daripada pemilihan hari ini jumlahnya 100. Apa disepakati?" kata Dia dan disepakati oleh sejumlah anggota DPRD yang hadir.


Baca juga artikel terkait WAGUB DKI JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Maya Saputri
DarkLight