Anies Harap Anggota DPRD Baru Segera Bereskan Masalah Pilwagub DKI

Oleh: Haris Prabowo - 26 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap anggota DPRD DKI yang baru segera menyelesaikan persoalan pemilihan wagub DKI secepatnya.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta periode 2019-2024 segera menyelesaikan persoalan pemilihan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jakarta.

Menurut Anies, kini tongkat estafet mengenai pemilihan cawagub berada di tangan 106 anggota DPRD yang baru.

"Waktunya tergantung dewan baru yang sekarang. Sekarang sudah ada dewan baru, tentu lebih awal lebih baik," kata Anies usai menghadiri pelantikan anggota DPRD DKI periode 2019-2024 di Gedung DPRD Jakarta, Senin, (26/8/2019) siang.

Ia juga mengatakan, dengan terpilihnya anggota dewan yang baru, ia mengharapkan DPRD bisa sesegera mungkin membentuk Panitia Khusus (Pansus) agar Jakarta dapat sesegera mungkin memiliki wakil gubernur.

Di lain tempat, anggota DPRD DKI yang baru dari fraksi Partai Nasdem Nova Harivan Paloh mengungkapkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak bisa dipimpin hanya dengan seorang Anies Baswedan saja.

Dalam masa jabatannya sebagai anggota dewan nantinya, ia mengaku akan semaksimal mungkin mempercepat pemulihan wagub baru untuk Jakarta ini.

"Makanya saya mendorong agar pemilihan wagub ini bisa secepatnya direalisasikan," kata dia.

Dirinya juga tidak menepis ketertarikan untuk menjadi Pansus pemilihan Wagub DKI nantinya. Akan tetapi, hal itu menurutnya bakal diserahkan sepenuhnya kepada Partai Nasdem, apakah dirinya dipercayakan menjadi Pansus atau tidak.

"Saya berharap sebulan lagi harus sudah ada wagub. Ini sekarang saya lagi mau mempelajari Tata Tertib (Tatib) anggota DPRD dulu," pungkasnya.


Diketahui, posisi Wagub DKI telah kosong sejak 10 Agustus 2018 pasca ditinggal Sandiaga Uno yang maju sebagai calon wakil presiden.

Dua partai pengusung PKS dan Gerindra sudah mengajukan dua nama untuk menjadi cawagub yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Namun, proses pemilihan di DPRD DKI berjalan alot. Pansus menyebut tata tertib pemilihan wagub sudah selesai dibahas oleh namun hingga kini rapimgab untuk pembahasan tatib belum juga terlaksana.


Baca juga artikel terkait PELANTIKAN DPRD DKI atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight