Anies Baswedan Klaim Stok Pangan Aman untuk Lebaran

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 29 Mei 2019
Anies mengatakan beberapa stok pangan justru mengalami surplus. Dengan itu, Anies yakin harga kebutuhan pokok bisa untuk tetap stabil.
tirto.id -
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan seluruh kebutuhan pangan aman untuk lebaran nanti.

"Jadi Alhamdulillah stok kebutuhan pangan, beras, daging sapi, daging ayam, telur, cabe, semuanya memiliki stok aman," kata Anies saat ditemui di Monas, Jakarta Pusat, pada Rabu (29/5/2019).

Lebih jauh lagi, beberapa stok justru mengalami surplus. Dengan itu, Anies yakin harga kebutuhan pokok bisa untuk tetap stabil.

"Seluruhnya surplus, sehingga musim lebaran tahun ini, yang jadi kebutuhan di masyarakat, kebutuhan dasar Insyaallah terpenuhi, dan harganya stabil," ungkap Anies.

Anies juga mengatakan bawang merah, dan bawang putih, yang umumnya mengalami ketidakstabilan, seperti yang terjadi pada awal bulan puasa tahun ini, bisa stabil pada lebaran nanti.

"Bawang merah, bawang putih, gula pasir, tepung, terigu, semua posisi aman," ujarnya.

Memasuki bulan puasa kemarin, harga bawang putih di wilayah DKI Jakarta mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Berdasarkan info pangan, aplikasi perkembangan harga yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, harga rata-rata bawang putih kini mencapai Rp64.660 untuk setiap kilogramnya.

"[Harga normal bawang putih adalah] Rp20 ribu sampai Rp30 ribu setiap kilonya," kata Sri Haryati, Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta, saat ditemui di Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Senin (6/5/2019).

Harga tertinggi terdapat di pasar Pasar Johar Baru yang mencapai Rp100 ribu untuk setiap kilogramnya. Harga terendah berada Pasar Baru Metro Atom, yakni Rp40 ribu per kilogram.

"Jadi memang agak sedikit bermasalah di bawang putih," kata Sri.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian [KPKP] DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, stok pangan untuk bulan puasa sudah aman, kecuali persediaan bawang putih.

"Aman. Semuanya aman," kata Darjamuni.

"Kita menyatakan aman karena semua stok kita sudah surplus, kecuali tadi disebut bahwa bawang putih agak tipis ya," tambah Darjamuni.


Baca juga artikel terkait LEBARAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Nur Hidayah Perwitasari