Anies Baswedan Bertemu JK Bahas Transportasi Massal Jakarta

Oleh: Haris Prabowo - 9 Agustus 2019
Anies memproyeksikan hingga akhir 2019 ada 280 juta-300 juta penumpang terangkut dengan moda transportasi massal.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jumat (9/8/2019) siang.

Pertemuan tersebut, kata Anies, membahas perkembangan mengenai pembangunan transportasi massal Jakarta.

"Jadi kita sekarang sudah Alhamdulillah jumlah penumpang kendaraan umum massal kita meningkat secara sangat drastis. Diproyeksikan di tahun 2019 ini bisa sampai angka 280 [juta] bahkan mungkin bisa sampe 300 juta penumpang," kata dia, saat ditanya para wartawan, Jumat (9/8/2019).

Anies mengaku angka tersebut merupakan capaian yang tinggi, mengingat pada 2017 jumlah pengguna angkutan umum massal hanya 180 juta orang.


"Jadi tadi update itu perkembangan integrasi transportasi dan peremajaan kendaraan. Termasuk itu, termasuk soal peremajaan soal Jaklinko. Jadi tadi pertemuan dengan Wapres adalah menyampailan laporan soal itu," kata dia.

Anies mengaku JK merespons sangat positif laporan yang dirinya berikan.

"Beliau nanti akan dalam waktu dekat mengundang pertemuan, untuk follow up dengan para menteri untuk bisa mendukung lebih jauh," kata dia.

Transportrasi di DKI Jakarta saat ini sudah ada sejumlah moda, yakni MRT, LRT, dan TransJakarta, dan Jaklinko.

Pembangunan LRT dan MRT saat ini masih berlanjut. Hingga 2030 ditargetkan terbangun 116 kilometer jalur untuk LRT. Saat ini baru terbangun sepanjang 5,8 kilometer yang dimulai pada 2017 lalu.





Baca juga artikel terkait TRANSPORTASI UMUM atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Zakki Amali
DarkLight