Angkasa Pura I: Penumpang Naik 70% saat Puncak Arus Balik Lebaran

Reporter: Selfie Miftahul Jannah - 10 Mei 2022 15:52 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tercatat sebanyak 1.413 pergerakan pesawat udara terlayani di 15 bandara kelolaan PT Angkasa Pura I saat puncak arus balik Lebaran 2022.
tirto.id - PT Angkasa Pura I mencatat telah melayani sebanyak 194.519 penumpang pesawat udara di 15 bandara kelolaannya pada puncak arus balik Lebaran 2022, Minggu 8 Mei 2022.

Jika dibandingkan dengan catatan pada 2021 lalu, di mana jumlah penumpang yang terlayani adalah sebanyak 114.388 penumpang, maka terdapat pertumbuhan jumlah penumpang pada puncak arus balik libur Lebaran tahun 2022 sebesar 70 persen.

Sementara pada jumlah pergerakan pesawat udara, tercatat sebanyak 1.413 pergerakan pesawat udara terlayani di 15 bandara kelolaan Angkasa Pura I.

"Dapat kami sampaikan bahwa pada puncak arus balik, operasional bandara berjalan lancar, nyaman, dan kondusif. Hal ini semata-mata dapat tercapai berkat koordinasi seluruh instansi stakeholder di 15 bandara kami, seluruh personel yang sigap dan cakap dalam melayani penumpang, serta alur penanganan penumpang dan pesawat udara yang berjalan secara baik dan optimal," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi dalam keterangan resmi, Selasa (10/5/2022).

Ia menjelaskan, untuk menjamin kelancaran operasional, PT Angkasa Pura I telah melakukan penyesuaian jam operasional di beberapa bandara dengan penambahan jam operasional seperti di Bandara Juanda, Bandara Sepinggan, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Ahmad Yani, dan Bandara Syamsudin Noor.

"Bahkan dua bandara kami, yaitu Bandara Sultan Hasanuddin dan Bandara I Gusti Ngurah Rai beroperasi penuh selama 24 jam untuk mengantisipasi lonjakan trafik arus balik. Dari data, diketahui bahwa bandara-bandara tersebut yang menangani trafik tertinggi pada puncak arus balik kemarin," kata Fahmi.

Fahmi menjelaskan Bandara Juanda Surabaya tercatat melayani jumlah penumpang tertinggi pada puncak arus balik di tanggal 8 Mei, yaitu mencapai 45.414 penumpang, disusul Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 39.173 penumpang, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 37.063 penumpang.



Baca juga artikel terkait ARUS BALIK LEBARAN 2022 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Bayu Septianto

DarkLight