Anggota Paskibra DKI Akui Gugup Kibarkan Bendera di Pulau Reklamasi

Oleh: Alfian Putra Abdi - 17 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Anggota Paskibraka DKI Jakarta Alaia Safia mengaku sempat gugup saat mengibarkan bendera di di pulau reklamasi, Jakarta.
tirto.id - Pembawa Baki Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) DKI Jakarta Alaia Safia (16) mengaku, sempat gugup saat mengibarkan bendera di pulau reklamasi Kawasan Pantai Maju, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu (17/8/2019).

Sebab, katanya, ia terbiasa latihan di lain tempat yakni antara Monas atau Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

"Jadi kalau misalnya pengibaran di sana, kami tidak kagok (gugup). H-10 baru dikasih tahu bahwa jadinya di sini. Untungnya sempat latihan juga di sini, jadi tidak terlalu kagok. Awalnya, sih kagok," ujarnya usai upacara di lokasi, Sabtu.

Ia pun turut bangga serta bahagia dapat menjadi bagian dari anggota paskibraka yang mengibarkan bendera merah putih pertama kali di pulau reklamasi DKI Jakarta.

Tidak hanya itu, siswi SMAN 66 ini juga mengaku gugup tatkala harus meraih bendera yang diberikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Gugup aku. Nafas tidak teratur. Tapi aku coba tenang. Pak Anies juga sempat senyum gitu," ujarnya.

Safia berhasil menjadi pembawa baki, setelah melalui tahapan seleksi yang cukup ketat. Mulanya ia harus bersaing dengan 8 orang siswi dari berbagai daerah ibu kota.

Namun, hingga menjelang hari pengibaran, diumumkan bahwa dirinya lah yang terpilih.

"Pas pengumuman itu aku kaget banget. Entah apa rasanya, sedih tapi senang juga. Aku takut juga soalnya di depan Gubernur langsung," ucapnya.


Perayaan upacara HUT RI ke-74 ini diikuti oleh Aparatur Sipil Negara DKI Jakarta dari lintas instansi, turun pula hadir para petugas PPSU, organisasi massa Laskar Merah Putih, forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopomda), dan satuan pelajar SMAN.

Turut hadir pula beberapa kepala instansi sebagai petugas upacara. Antara lain Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin sebagai perwira upacara, Kepala Bidang Penyidik PNS (Kabid PPNS) Satpol PP DKI Jakarta Eko Saptono sebagai Komandan Upacara, Kasatpol PP Kecamatan Gambir Fitrano Jaya Putra sebagai Pembaca Pembukaan UUD 1945.

Selain itu, Pasukan Pengibar Bendera berasal dari Paskibraka DKI Jakarta, Paduan Suara dari Jakarta Youth Choir binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, dan Korps Musik dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta.

Sementara pembaca Doa dari Biro Mental dan Spiritual Setda DKI Jakarta Ustaz H. Muchlish, serta Pembawa Acara dari Biro KDH dan KLN DKI Jakarta.

Upacara di pulau D reklamasi dilaksanakan berdasarkan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 71 dan 72 tahun 2019 tentang Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019.


Baca juga artikel terkait HUT KEMERDEKAAN RI atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight