Anggaran Infrastruktur Naik 7,75 % jadi Rp392 T dalam RAPBN 2023

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 16 Agu 2022 15:55 WIB
Anggaran infrastruktur dalam RAPBN 2023 mencapai Rp392 triliun. Anggaran ini naik 7,75 persen dari tahun ini yang sebesar Rp363,8 triliun.
tirto.id - Pemerintah mengalokasikan anggaran infrastruktur dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023 mencapai Rp392 triliun. Anggaran ini naik 7,75 persen dari tahun ini yang sebesar Rp363,8 triliun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, anggaran belanja infrastruktur akan diarahkan untuk mendukung penguatan penyediaan pelayanan dasar. Anggaran juga akan dialokasikan dalam mendukung peningkatan produktivitas melalui infrastruktur konektivitas dan mobilitas, serta menyediakan infrastruktur energi dan pangan yang terjangkau dan andal.

"Namun tetap memperhatikan aspek lingkungan serta pemerataan infrastruktur dan akses TIK," ucapnya dalam Nota Keuangan RAPBN 2023, di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan anggaran infrastruktur tahun depan akan digunakan untuk mendukung target percepatan pembangunan infrastruktur, strategi memadukan anggaran dengan bauran skema pendanaan akan dilakukan melalui sinergi sisi pembiayaan investasi dan belanja Kementerian/Lembaga serta meningkatkan peran swasta.

Di samping itu, skema KPBU menjadi model pembiayaan yang terus ditawarkan. Menurut Jokowi pembangunan infrastruktur merupakan salah satu modal penting yang dibangun pemerintah dalam delapan tahun terakhir. Hal ini untuk membangun ekosistem pembangunan yang lebih kondusif.

"Pembangunan infrastruktur yang masif, perbaikan kualitas sumber daya manusia, serta penyederhanaan aturan berusaha dan berinvestasi merupakan upaya-upaya kunci untuk memperkuat fondasi perekonomian nasional menghadapi tantangan masa depan," tuturnya.



Baca juga artikel terkait ANGGARAN INFRASTRUKTUR NAIK atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Selfie Miftahul Jannah

DarkLight