Andre Taulany ke Polda Metro Jaya Laporkan Peretasan Akun Istrinya

Oleh: Adi Briantika - 22 April 2019
Polisi menyebut kedatangan Andre Taulany dan istrinya ke Polda Metro Jaya untuk menjelaskan kronologi unggahan yang viral.
tirto.id - Selebritas Andre Taulany mendatangi Polda Metro Jaya guna menindaklanjuti laporan atas istrinya, Reinwartia Trygina.

Kedatangan ini untuk menjelaskan kepada penyidik perihal akun instagram milik istrinya yakni @erintaulany. Menurut dia, akun itu diduga telah diretas.

"Kedatangan Andre untuk memberi tahu kalau akun milik Erin diretas sebelum tanggal 19 April," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Senin (22/4/2019).

Argo melanjutkan, mereka menjelaskan duduk perkara unggahan. Selain itu, lanjut Argo, keduanya juga melaporkan terkait dugaan peretasan akun Instagram ini.


"Alasan mereka, sejak 20 April akun itu tidak bisa diakses dan diisi status lain," ucap dia.

Namun, Argo belum mengetahui secara pasti siapa pihak terlapor dan enggan merinci soal laporan Andre.

Diketahui, Erin dilaporkan oleh M Firdaus Oiwobo ke pihak kepolisian atas tuduhan melakukan pencemaran nama baik melalui media elektronik yakni mengunggah foto Capres Prabowo Subianto di Instagram Story disertai tulisan ‘sinting dan sakit jiwa karena sangat ingin menjadi presiden’.

Melalui unggahan ini Erin menyayangkan sikap Prabowo yang kukuh mengklaim sebagai pemenang dalam Pilpres 2019. Kini unggahan itu sudah dihapus dan komentar di Instagram Erin juga telah ditutup.

Namun tangkapan layar unggahan ini sudah tersebar di Twitter dengan tagar #ErinTaulanySakitJiwa yang masuk ke jajaran trending topik.

Dalam laporan polisi ini, Erin disangkakan Pasal 27 ayat (3) juncto Pasal 45 ayat (3) dan/atau Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Politik)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Zakki Amali