Ancol Kembali Dibuka, Pengunjung Dilarang Berenang di Pantai

Oleh: Riyan Setiawan - 19 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
"Kalau orang di air itu rata-rata sudah lupa menggunakan masker," ujar Corporate Communication Manager Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari.
tirto.id - Taman Impian Jaya Ancol kembali dibuka pada Selasa 18 Mei 2021 kemarin. Corporate Communication Manager Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari menyatakan meski dibuka, pengunjung dilarang untuk berenang di pantai.

Kebijakan itu dilakukan sebagai salah satu peningkatan protokol kesehatan dan untuk menghindari kerumunan.

"Terutama penggunaan masker, kalau orang di air itu rata-rata sudah lupa menggunakan masker," kata Rika kepada wartawan, Rabu (19/5/2021).

Kemudian pengelola juga memberi pagar untuk memasuki kawasan pantai dan akan dilakukan penghitungan jumlah sesuai dengan kapasitas areal.

"Tidak mengizinkan adanya kerumunan dan menyediakan kotak pembatas jarak untuk areal duduk di pantai yang diijinkan untuk diisi oleh pengunjung," ucapnya.

Kemudian Rika juga menjelaskan penerapan protokol kesehatan yang dilakukan oleh pengelola Ancol selama beroperasi. Pembelian tiket wajib melalui online di www.ancol.com dengan kapasitas maksimal 30 persen. Per Selasa 18 Mei, pengunjung Ancol tercatat sebanyak 7.923 orang.

Saat tiba di lokasi, pengunjung dilakukan pengecekan suhu tubuh di seluruh unit rekreasi.

Wajib menggunakan masker, jika ada pelanggaran Tim Satgas COVID-19 Ancol bersama unsur 3 pilar (Kepolisian, TNI dan Satpol PP) akan menegur dan memberikan sanksi.

"Wajib menjaga kebersihan tangan dengan membawa hand sanitizer dan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan," tuturnya.

Pihak Ancol juga terus menerus memberikan himbauan penerapan protokol kesehatan melalui pengeras suara area dan papan informasi di sepanjang pantai.

“Dengan adanya peningkatan dan perkuatan protokol kesehatan di kawasan Ancol, kami berharap seluruh pengunjung dapat menjalankannya secara disiplin, sebab dukungan dan partisipasi dari seluruh pengunjung sangat kami harapkan agar seluruh protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik” tuturnya.

Untuk operasional unit rekreasi di kawasan Ancol seperti Dunia Fantasi, Sea world, Ocean Dream Samudra dan Allianz Ecopark juga akan kembali beroperasi, namun wahana permainanan air Atlantis Water Adventures belum dioperasikan kembali sampai informasi lebih lanjut.


Sebelumnya, pada libur Lebaran pekan lalu, aturan pembukaan wisata Taman Impian Jaya Ancol mengalami beberapa kali perubahan dalam satu hari, yakni pada Sabtu (15/5/2021).

Penyebabnya yakni kapasitas pengunjung pada Jumat (14/5/2021) yang menembus angka 30 ribu. Pengelola Taman Impian Jaya Ancol pun mengubah kebijakan untuk menutup pada keesokan harinya.

Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali menjelaskan, penutupan dilakukan karena tengah evaluasi kegiatan di kawasan rekreasi Ancol. Selain itu tengah dilakukan penguatan penerapan protokol kesehatan, salah satunya dengan desinfeksi seluruh area.

Namun kebijakan menutup sehari tersebut, membuat pada Sabtu (15/5) pagi antrian pengunjung mengular di Gerbang Timur Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Para pengunjung tersebut ngotot ingin tetap diperbolehkan masuk ke area wisata, karena sudah membeli tiket secara online. Akhirnya Manajemen PT Taman Impian Jaya Ancol memperbolehkan masuk.

Kemudian aturan berubah lagi. Sabtu sore sekitar pukul 17.00, Manajemen PT Taman Impian Jaya Ancol menyampaikan informasi resmi terbaru. Penutupan kawasan Ancol diperpanjang mulai Sabtu 15 hingga Senin 17 Mei 2021.



Baca juga artikel terkait ANCOL atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Bayu Septianto
DarkLight