Analis Sebut Belanja Masyarakat Mulai Naik Selama Agustus

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 30 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Mandiri Spending Index (MSI) menyebut indeks belanja masyarakat menunjukkan tanda pemulihan.
tirto.id - Daya beli masyarakat di sepanjang Agustus 2021 mulai kembali membaik usai terimbas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Berdasarkan data Mandiri Spending Index (MSI) pada 15 Agustus, indeks belanja masyarakat menunjukkan tanda pemulihan. Pada pertengahan Agustus indeks frekuensi belanja masyarakat mulai naik ke level 97,3.

Demikian pula halnya dengan indeks nilai belanja yang naik ke level 79,7. Dalam beberapa minggu ke depan, seiring dengan relaksasi PPKM, kami melihat bahwa tren pemulihan belanja akan terus berlanjut. Setelah sebelumnya, indeks nilai belanja masyarakat pada tanggal 1 Agustus 2021 hanya di level 73,3.

"Belanja masyarakat di Pulau Jawa terus meningkat. Hal ini menunjukkan pemulihan yang cepat seiring dengan diturunkannya tingkat PPKM di banyak provinsi di Pulau Jawa," kata Head of Mandiri Institute Teguh Yudo Wicaksono, Senin (30/8/2021).

Indeks nilai belanja di Jawa pada 15 Agustus berada di 73,4 naik dari 63,8 pada tanggal 1 Agustus 2021. Faktor lain yang mendorong kenaikan belanja di Jawa tampaknya juga menurunnya kasus positif COVID-19.

Sementara itu, indeks belanja di luar Pulau Jawa meski masih relatif tinggi menunjukkan tren yang menurun. Hingga 15 Agustus 2021, indeks belanja di luar Pulau Jawa berada di tingkat 86,4.

Pemulihan belanja terjadi di setiap lapisan kelompok masyarakat. Dari tiga kelompok masyarakat yang dibagi berdasarkan penghasilan bawah, menengah, atas seluruhnya menunjukkan kenaikan dalam belanja masyarakat.

Berdasarkan data tersebut, kelompok masyarakat yang mengalami kenaikan belanja secara drastis adalah kalangan menengah. Hingga tanggal 15 Agustus 2021, indeks belanja kelompok menengah yaitu mereka yang memiliki penghasilan sekitar Rp 8,4 juta per bulan menunjukkan angka 110,5 persen.

Belanja di restoran dan department stores perlahan mulai meningkat, meski masih di bawah 100 level normal sebelum pandemi. Pada kelompok belanja restoran dan mal mulai naik perlahan seiring pelonggaran mobilitas.


Baca juga artikel terkait BELANJA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali
DarkLight