Amitabh Bachchan akan Dapat Penghargaan Film Nasional India 2019

Oleh: Adrian Samudro - 27 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Amitabh Bachan akan menerima penghargaan penghormatan dalam ajang Penghargaan Film Nasional India 2019 DadaSaheb Phalke Award.
tirto.id - Aktor Bollywood, Amitabh Bachchan akan menerima penghargaan tertinggi di bidang perfilman India, DadaSaheb Phalke Award dalam ajang Penghargaan Film Nasional India 2019.

Dilansir dari Hollywood Reporter, pengumuman tersebut dibuat oleh Menteri Informasi dan Penyiaran India Prakash Javadekar yang ditulis melalui media sosial pada Selasa (24/9/2019).

"Bintang legenda Amitabh Bachchan yang menghibur dan menginspirasi selama dua generasi telah dipilih dengan keputusan bulat untuk penghargaan DadaSaheb Phalke," tulisnya.

DadaSaheb Phalke Award merupakan sebuah penghargaan yang dihadirkan dalam ajang Penghargaan Film Nasional India.

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1969 oleh pemerintah India, penghargaan ini pada awalnya dibuat memberikan penghormatan untuk Bapak Perfilman India, Dhundiraj Govind Phalke, atau yang lebih dikenal dengan Dadasaheb Phalke.

Dia adalah orang yang pertama kali membuat film di India. Film yang berjudul Raja Harishchandra itu dirilis pada tahun 1913. Sudah 95 film panjang dan 26 film pendek telah dibuat oleh Phalke dalam kurun waktu 19 tahun.

Sementara itu, dalam sebuah tulisan yang dikutip India Today, Amitabh Bachchan menyampaikan perasaannya yang tidak menyangka dan sempat terpaku atas rasa cinta dan apresiasi untuk penghargaan yang diberikan tersebut.

"Tidak ada kata-kata yang bisa saya ucapkan. Saya sangat berterima kasih dengan segala kerendahan hati, terima kasih," katanya lagi.

2019 menandai tahun ke-50 Bachchan di industri perfilman India sejak ia memulai debut kariernya pada 1969 dalam film Saat Hindustani.

Namanya semakin populer pada tahun 1970 dan 1980-an dengan film - film besar India yang pernah ia bintangi seperi Zanjeer, Deewar dan Sholay.

Dia juga pernah membuat sejarah dalam pertelevisian ketika ia menjadi pembaca acara Who Wants to Be Millionaire versi India dengan mencatatakan rekor rating tertinggi pada tahun 2000.

Pada tahun 2013, Amitabh Bachchan memulai debut Hollywood dalam film The Great Gatsby arahan sutradara Baz Luhrmann.

Baru - baru ini ia juga terlibat untuk membintangi film thriller Bollywood, Badla, yang merupakan remake dari film Spanyol berjudul The Invisible Guest.

Penghargaan Dadasaheb Phalke akan diberikan kepada Bachchan dari Presiden India, Ram Nath Kovind, di ibukota New Delhi sebagai bagian dari ajang Penghargaan Film Nasional.


Baca juga artikel terkait FILM NASIONAL INDIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Film)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight