AMD Radeon VII, Grafis 7nm Pertama Diperkenalkan di CES 2019

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 10 Januari 2019
AMD Radeon VII usung spesifikasi 3840 stream prosesor dengan 128 ROPs, harga Rp9,8 juta setara Nvidia GeForce RTX 2080.
tirto.id - Advanced Micro Devices (AMD) meluncurkan kartu grafis generasi terbaru, Radeon VII, di CES 2019, Las Vegas, Amerika Serikat, Rabu (9/1/2019) waktu setempat. Radeon VII merupakan kartu grafis pertama dengan fabrikasi 7nm.

AMD mengatakan, grafis Radeon VII didesain menghasilkan performa mumpuni untuk pengalaman gaming game AAA, esport, serta Virtual Reality (VR) terbaru. Tak hanya itu, kartu grafis ini juga menawarkan performa andal untuk 3D rendering, video editing, dan komputasi berbasis grafis lainnya.

Radeon VII dkembangkan menggunakan arsitektur AMD vega generasi kedua yang menawarkan dua kali kapasitas memori dan 2,1 kali bandwidth. Kombinasi ini membuat performa gaming AMD Radeon VII meningkat hingga 29% dan 36% untuk aplikasi konten kreator dibandingkan pendahulunya, Radeon Vega 64.

"AMD Radeon VII merupakan kartu grafis gaming berperforma tertinggi yang pernah kami buat. Ini dirancang untuk gamer, pencipta, dan penggemar yang menuntut visual berkualitas sangat tinggi, kerja tanpa kompromi, dan pengalaman gaming yang luar biasa," kata Scott Herkelman, Corporate Vice President and General Manager, Radeon Technologies Group di AMD.

Seperti dilansir dari Anandtech, Kamis (9/1), spesifikasi Radeon VII cukup garang berkat dukungan 3840 stream prosesor yang terbagi dalam 60 CUs kecepatan 1,8GHz dan ditandemkan 128 ROPs. AMD Radeon VII dibekali antarmuka memori 4096 bit dan didukung memori HBM2 berkapasitas 16GB kecepatan 2Gbps.

Pengembang game Ubisoft rencananya menggunakan teknologi grafis Radeon VII untuk game AAA terbarunya "Tom Clancy’s The Division 2", yang mendukung fitur canggih seperti DirectX 12 dan AMD FreeSync HDR.

Kartu grafis Radeon VII mulai dipasarkan pada 7 Februari 2019 mendatang, harga 699 dolar AS atau sekitar Rp9,8 juta (kurs Rp14.031), setara dengan harga pesaing terdekatnya, Nvidia GeForce RTX 2080.


Baca juga artikel terkait CES 2019 atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight