Amazon Raup Laba 3,6 Miliar Dolar AS di Awal 2019

Oleh: Dina Arristy - 26 April 2019
Amazon bukukan pendapatan 59,7 miliar dolar AS di awal 2019.
tirto.id - Amazon meraup laba dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya yaitu 3,6 miliar dolar AS atau 7,09 dolar AS per saham dalam laporan pembukuan kuartal pertama tahun 2019.

Dikutip dari AP News, pada periode yang sama di tahun 2018, Amazon melaporkan laba 1,63 miliar AS atau 3,27 dolar AS per saham.

Menurut Zacks Investment Research, saham Amazon di awal tahun 2019 ini di atas ekspektasi yang diproyeksi yaitu sebesar 4,61 dolar AS per saham.

Tercatat total pendapatan Amazon naik 17 persen menjadi 59,7 miliar dolar AS di awal tahun 2019. Peningkatan pendapatan Amazon disebabkan perusahaan yang memusatkan penjualannya di kebutuhan rumah tangga, toko konvensional serta perawatan kesehatan, dikutip dari CNN.

Amazon juga memperluas bisnisnya di luar layanan penjualan online dengan menghadirkan streaming video Netflix dan layanann lainnya. Bisnis Amazon ini mengalami peningkatan sebanyak 41 persen dengan meraup keuntungan 7,7 miliar dolar AS dibandingkan tahun lalu.


Bisnis periklanan Amazon juga berkembang pesat mencapai 34 persen dengan penghasilan 2,7 miliar dolar AS, tidak kalah dengan pesaing lainnya seperti Facebook dan Google seperti diwartakan oleh CNN.

Perusahaan yang berbasis di Seattle, AS ini akan menawarkan pengiriman barang dalam satu hari pengiriman.

Kepala Keuangan Amazon, Brian Olsavsky mengatakan pelayanan ini akan menambahkan biaya kirim pada barang, karena akan mempekerjakan lebih banyak pekerja dan membangun lebih banyak gudang untuk berkemas dan mengirimkan pesanan.

Pada kuartal kedua mendatang, Amazon menargetkan kenaikan pendapatannya hingga 63,5 miliar dolar AS. Namun analis memperkirakan pendapatan Amazon bakal mencapai 62,5 miliar dolar AS.

Baca juga artikel terkait AMAZON atau tulisan menarik lainnya Dina Arristy
(tirto.id - Bisnis)


Penulis: Dina Arristy
Editor: Yantina Debora