Alibaba Catat Transaksi Rp452 T Selama 11.11 Shopping Festival 2018

Oleh: Yantina Debora - 12 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
GMV selama 11.11 Global Shopping Festival 2018 naik 27 persen dibanding tahun sebelumnya.
tirto.id - Alibaba Group Holding Limited mengumumkan total Gross Merchandise Volume (GMV) yang dihasilkan selama Global Shopping Festival pada Minggu (11/11/2018), sebesar RMB213,5 miliar (30,8 miliar AS atau sekitar Rp452 triliun)

Total transaksi tersebut naik 27 persen dibandingkan Global Shopping Festival 2017.

“Hari ini, kita menyaksikan kekuatan dan kebangkitan ekonomi berbasis konsumsi di Cina serta bagaimana para konsumen terus meningkatkan kualitas hidup sehari-hari mereka,” ujar Daniel Zhang, CEO Alibaba Group, dikutip dari rilis yang diterima Tirto, Senin (12/11/2018).

“Partisipasi dari seluruh ekosistem Alibaba memungkinkan kami dan mitra-mitra pedagang untuk berinteraksi dengan konsumen lewat cara-cara baru yang tidak pernah dilakukan sebelumnya. Alibaba akan terus memimpin evolusi menuju ekonomi digital dan gaya hidup masa depan.”

Selama 11.11 Global Shopping Festival itu, Cainiao Network memproses lebih dari satu miliar pengantaran pesanan.

Sejumlah merek internasional seperti Apple, Dyson, Kindle, Estee Lauder, L’Oreal, Nestle, Gap, Nike, dan Adidas bahkan mencatat GMV di atas RMB100 juta atau Rp200 miliar selama festival 11.11.

Selama 11.11 Global Shopping Festival 2018 berlangsung, tercatat konsumen yang turut berpartisipasi atau bertransaksi berasal dari 230 negara.

Lazada sebagai bagian dari ekosistem Alibaba juga turut berpartisipasi dalam 11.11 Global Shopping Festival 2018. Lazada menghadirkan festival belanja ini kepada konsumen di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Mengusung tema Pesta Diskon Terbesar 24 Jam, Lazada menghadirkan diskon, program gratis ongkir dan penawaran lainnya yang tersedia dari ribuan merchant yang tergabung di Lazada Indonesia, baik dari brand LazMall dan penjual UKM (sellers).

11.11 Global Shopping Festival dimulai pada tahun 2009 dan hanya ada 27 pedagang yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Festival belanja ini diadakan untuk memperkenalkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai jual belanja daring.

Tahun lalu, lebih dari 140.000 merek dan penjual berpartisipasi dalam acara festival belanja global ini dengan total transaksi mencapai RMB168,2 miliar atau Rp356 triliun dalam kurun waktu 24 jam.


Baca juga artikel terkait PROMO 1111 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Bisnis)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora