Alexis Ditutup, Sandiaga Sebut Anies yang akan Beri Penjelasan

Oleh: Hendra Friana - 22 Maret 2018
Sandiaga menyatakan penjelasan Pemprov DKI Jakarta mengenai rencana penutupan Hotel Alexis bersumber dari satu pintu, yakni Anies Baswedan.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno enggan berkomentar soal rencana penutupan Hotel Alexis. Sandiaga beralasan semua penjelasan terkait penutupan Alexis hanya bersumber dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Pak Anies yang nanti akan kasih statement. Jadi beliau sekarang lagi menyusun ada beberapa komunikasi yang dia akan sampaikan," kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (22/3/2018).

Menurut Sandiaga, hal tersebut dilakukan untuk menghindari kesalahan persepsi atas informasi tentang rencana penutupan Alexis.

"Dia [Anies] berpesan supaya tidak terjadi miskomunikasi, mispersepsi. Satu saja yang bicara mengenai ini. Dan, saya sangat setuju ini," kata Sandiaga.

Kabar penutupan Alexis muncul usai surat keputusan Pemprov DKI tentang hal ini diketahui sejumlah wartawan. Kepala Bidang Industri dan Pariwisata, Disparbud DKI Jakarta, Toni Bako membenarkan bahwa penutupan Hotel Alexis akan dilakukan pada hari ini.

Meskipun telah ada konfirmasi dari Disparbud DKI, Sandiaga tetap enggan memberikan penjelasan tentang rencana penutupan Alexis.

"Itu dilakukan supaya kami jelas ketegasan kita terhadap policy kami dan tidak bias. Dan saya sepakat kita serahkan pak Anies untuk memberikan penjelasan mengenai Alexis," kata dia.

Sementara pada Kamis sore, Anies sempat kaget ketika para wartawan meminta konfirmasi kepada dia tentang rencana penutupan Alexis. Menurut dia, seharusnya rencana itu tidak bocor ke publik sebelum eksekusi penutupan dilakukan.

"Kita dalam proses untuk menertibkan [tempat hiburan malam]. Nanti kalau sudah selesai saya umumkan. Mereka yang tidak disiplin [karena membocorkan informasi] akan saya disiplinkan termasuk siapapun yang tidak mengikuti instruksi dari Gubernur," ujar Anies.


Baca juga artikel terkait ALEXIS atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Addi M Idhom