Album Terbaru WINNER "WE" Raih Double Crown di Gaon Chart

Oleh: Syarifah Aini - 23 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
WINNER raih crown untuk dua kategori, yakni album mingguan dan album download digital.
tirto.id - WINNER melalui album terbarunya bertajuk "WE" meraih double crown di Gaon Chart, Kamis (23/5/2019).

Gaon Chart mengumumkan bahwa boy group asuhan YG Entertainment ini meraih crown dalam dua kategori, yakni album mingguan dan album download digital untuk periode 12-18 Mei 2019.

Pada kategori album mingguan, boy group beranggotakan Yoon, Hoony, Jinu, dan Mino ini berhasil menghuni posisi pertama dan mengalahkan dua saingan terberatnya, yaitu BTS (Map of The Soul: Persona) di posisi 2 dan EXID (WE) di posisi 3.

Sementara itu, untuk kategori album download digital, WINNER juga di posisi teratas mengungguli 2 album ternama yaitu BET BET milik NU’EST di posisi 2 serta Goodbye milik Park Hyo Shin di posisi 3.

Mengenai Gaon Chart, merupakan tabulasi peringkat musik mingguan baik itu lagu maupun album di Korea Selatan yang dikompilasi oleh Korea Music Content Industry Association dan disponsori oleh Kementerian Korea Selatan Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata.

Gaon Chart merupakan tangga lagu nasional di Korea Selatan yang diperkenalkan pertama kali pada awal 2010. Posisinya serupa dengan Billboard Chart di Amerika Serikat atau Oricon Chart di Jepang, sebagaimana dilansir dari Korea Times.


Album bertajuk “WE” ini sendiri baru saja dirilis oleh WINNER pada 15 Mei lalu. Album tersebut terdiri dari 6 lagu diantaranya AH YEAH, Mola, Everyday Remix, Zoo, Boom, dan First Love.

Seluruh lagu dari album terbaru WINNER ini diciptakan dan diaransemen langsung oleh 3 personelnya yaitu, Yoon, Hoony, dan juga Mino. Selain dibuat sendiri oleh ketiga personel, pembuatan album EP tersebut juga dibantu oleh tim produksi dari YG Entertainment, yaitu AiRPLAY, KANG UK JIN, Diggy, Joe Rhee, JEON HAE SEONG dan juga Future Bounce.

Sejak dirilis pada 15 Mei lalu, album "WE" berhasil menarik perhatian publik. Menurut Soompi, sesaat setelah dirilis, album tersebut merajai chart iTunes di 19 negara, termasuk Argentina, Bolivia, Brasil, Filipina, Singapura, Vietnam, dan Indonesia.

Selain itu, WINNER juga meraih All Kill lewat capaiannya dalam menduduki posisi nomor satu untuk lagu AH YEAH, yang menurut iChart, menguasai berbagai tangga lagu Korea, mulai Melon, Genie, Bugs, Mnet, Naver, dan Soribada.

Sehari setelah dirilis, pencapaian WINNER belum terhenti. Lagu AH YEAH juga menjadi nomor satu di beberapa chart musik Cina, di antaranya QQ Music, KuGou Music, hingga Kuwo Music, sebagaimana diberitakan Naver.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)


Penulis: Syarifah Aini
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Syarifah Aini