Album BTS "Love Yourself: Tear" Masuk Nominasi Grammy Awards 2019

Oleh: Maria Ulfa - 18 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Album BTS “Love Yourself: Tear” masuk dalam nominasi Best Recording Pacakage di Grammy Awards 2019.
tirto.id - BTS baru saja mencapai tonggak sejarah baru sebagai boy group Korea Selatan yang mendapat pengakuan di ajang penghargaan Grammy Awards ke 61 mendatang. Dengan album “Love Yourself: Tear”, BTS masuk nominasi Best Recording Pacakage di Grammy Awards 2019.

BTS masuk nominasi bersama dengan beberapa musisi dunia lainnya, seperti St. Vincent, Mitski, The Offering dan Foxhole.

Album ini, sebelumnya mendapat urutan satu di Billboard 200 pada bulan Mei 2018 lalu, hal tersebut menjadi langkah awal dan terobosan besar bagi industri musik Korea Selatan.

Album ini dinominasikan bersama HuskyFox, yaitu perusahaan yang resmi terdaftar sebagai Art Directors di album “Love Yourself: Tear”.

Nominasi Best Recording Package ini biasanya diberikan untuk visual album yang memiliki tampilan luar biasa.

HuskyFox sendiri merupakan perusahaan branding profesional yang berbasis di Seoul, yang menurut situs web mereka bertujuan untuk "membangun hubungan antara merek dan pengguna dengan menciptakan identitas melalui bahasa merek dan elemen visual untuk menikmati desainnya”, demikian seperti diwartakan Billboard.

Album “Love Yourself: Tear” menawarkan kemasan album yang indah, dan masing-masing dari tiga album dalam seri BTS Love Yourself hadir dalam empat versi berbeda dengan masing-masing versi memiliki foto konsepnya sendiri.

Sedangkan “Love Yourself: Tear” terkenal karena skema warnanya yang lebih redup dengan para anggota BTS yang memiliki warna rambut yang sama gelap dengan busana sederhana, sehingga semua sejalan dengan tema album yang penuh kesedihan.

Nominasi untuk BTS “Love Yourself: Tear” menandai momen besar dalam penghargaan musisi Korea Selatan, dan merupakan langkah penting di mana mereka mampu mendapatkan perhatian dari The Recording Academy sebagai pihak penyelenggara Grammy Awards.


Penghargaan ini juga diberikan berkat kesuksesan BTS yang telah berkolaborasi dengan musisi Internasional seperti Steve Aoki, Desiigner, Andrew Taggert dan Nicki Minaj. Mereka juga membuat sejarah di bulan November 2018 lalu dengan menjadi grup K-Pop pertama yang pernah tampil di American Music Awards.

Single mereka, "Fake Love" yang dirilis pada bulan Mei 2018 melalui album “Love Yourself: Tear”, memulai debutnya di No 1 Billboard 200 Chart Amerika serta menjadi group K-Pop pertama yang menduduki puncak tangga lagu tersebut. Kemudian pada bulan Juni 2018, grup ini juga masuk daftar "25 Orang Paling Berpengaruh di Internet" oleh Time Magazine, seperti dilansir People.

Sementara terdapat aturan Grammy Awards di mana nominasi mengenai Best Recording Package, hanya Art Directors-lah yang akan masuk di nominasi tersebut, bukan artisnya, seperti yang telah dikonfirmasi oleh pihak The Recording Academy.

"Hanya Art Director yang dikreditkan pada album yang akan dinominasikan dalam kategori Best Recording Package. Bukan artisnya, kecuali mereka (artis) juga menjadi Art Directors yang dikreditkan pada album tersebut," ujar pihak Grammy, seperti dilansir Billboard.


Baca juga artikel terkait GRAMMY AWARDS 2019 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani