Alasan Suzuki Belum Hadirkan Skutik Premium di Indonesia

Penulis: Yantina Debora - 6 Jul 2018 19:22 WIB
"Banyak hal. Dalam arti banyak hal itu, kami tidak mau keluarin yang mengecewakan. Itu harus sesuai dengan jiwa Suzuki," kata Yohan Yahya
tirto.id - Suzuki belum berencana mengeluarkan skuter otomatik (skutik) untuk mengisi segmen premium di pasar otomotif Indonesia meski produsen Jepang ini memiliki skuter premium seri Burgman. Namun hingga saat ini, Suzuki baru baru memasarkan Address FI, Address Playful dan Nex II di pasar Indonesia.

Sales & Marketing 2Wheel Departement Head PT SIS, Yohan Yahya, menjelaskan pihaknya mempertimbangkan banyak hal apabila ingin bermain di segmen skutik "bongsor" di pasar Indonesia.

"Banyak hal. Dalam arti banyak hal itu, kami tidak mau keluarin yang mengecewakan. Itu harus sesuai dengan jiwa Suzuki," kata Yohan Yahya kepada pewarta di Jakarta.

Ia mengatakan bahwa saat ini Suzuki berfokus pada segmen skutik di kelas entry level, melalui model Nex II, karena memiliki pangsa pasar yang menjanjikan. Untuk itu, ia menilai Suzuki tidak perlu ikut-ikutan strategi pabrikan lain yang menjual model skutik premium.

"Kalau kita keluar hanya karena ikut-ikutan yang lain, buat kami itu percuma. Dan itu bahaya untuk kami semua," katanya.

Kendati demikian, Suzuki tetap mempertimbangkan membawa skutik premium ke Indonesia. "Kami persiapkan....Ya lihat waktunya," ucapnya. "Apa yang dikeluarkan, kami tidak mau gagal."

Ia menimpali, "Mau tidak mau, kami harus selektif, apa yang dikeluarkan bisa diterima dan tidak mengecewakan." Saat ini Yamaha NMax dan Honda PCX menjadi pemain utama di segmen skutik berbodi besar di kelas 150cc.



Baca juga artikel terkait SEPEDA MOTOR atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Otomotif)

Sumber: antara
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora

DarkLight