Alasan Sandi Usul Promosi Asian Games Pakai Ondel-ondel Mirip Artis

Oleh: Naufal Mamduh - 5 Maret 2018
Sandiaga mengatakan promosi Asian Games 2018 di Jakarta akan lebih menarik perhatian masyarakat apabila menggunakan sarana ondel-ondel.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melontarkan gagasan agar kegiatan promosi Asian Games 2018 memakai pawai ondel-ondel yang memiliki rupa mirip artis. Sandi akan meminta para kreator pembuat ondel-ondel untuk membuat ondel-ondel dari wajah artis seperti Brad Pitt atau Raisa.

"Kita mau ondel-ondel khas misalnya mukanya mirip dengan Brad Pitt atau mukanya mirip sama Raisa tapi pakaiannya ondel-ondel," kata Sandiaga di meninjau ondel-ondel yang dipamerkan di Balai Kota DKI Jakarta pada Senin (5/3/2018).

Sandiaga berpendapat strategi seperti itu bisa efektif menarik perhatian warga dalam promosi Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta.

“Menurut saya bisa dipakai untuk Asian Games sebagai salah satu icon menarik. Jadi ada ondel-ondel yang menunjukkan kekinian. Konsepnya yang langsung membumi nyambung dengan [generasi] milenial," kata Sandiaga.

Dia menjelaskan ondel-ondel Betawi bisa dipasangkan dengan maskot-maskot Asian Games, yakni Bhin-Bhin, Kaka dan Atung, untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Jakarta terhadap pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

"Jadi dengan itu terjadilah asimilasi antara budaya betawi dengan Asian Games. ini yang langsung dan real juga menciptakan lapangan kerja," kata Sandiaga.

Menurut dia, promosi Asian Games dengan memakai ondel-ondel yang dipasangkan dengan Maskot Asian Games ini bisa digelar di pusat-pusat keramaian seperti kegiatan Car Free Day (CFD).

"Kita punya car free day di lima wilayah [kota] DKI Jakarta. Kita ingin gunakan kesempatan itu untuk mensosialisasikan secara masif," kata dia.

Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang.

Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Naufal Mamduh
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Naufal Mamduh
Penulis: Naufal Mamduh
Editor: Addi M Idhom
DarkLight