Alasan Partai Demokrat Tak Hadiri Kongres PDIP di Bali

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 8 Agustus 2019
Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengungkap alasan perwakilan dari Partai Demokrat tidak hadir dalam Kongres PDIP di Bali.
tirto.id - Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengungkap alasan perwakilan dari Partai Demokrat tidak hadir dalam kongres lima tahunan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ferdinand mengatakan partainya tak diundang ke Kongres tersebut.

"Nah, kenapa Partai Demokrat tidak hadir di sana [kongres PDIP] karena Partai Demokrat sepertinya tidak diundang oleh PDIP," jelas dia kepada wartawan, Kamis (8/8/2019).

Ia menjelaskan, satu-satunya dari pihak oposisi yang diundang kongres besar PDIP yaitu Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Partai non koalisi kan yang diundang adalah Pak Prabowo ya," kata dia.

Meski tidak diundang ia tetap mendukung PDIP agar bisa menjalankan acaranya dengan sukses, Ferdinand juga mengatakan meski tak diundang ia berharap setelah kongres PDIP bisa menjadi lebih kuat.

"Karena tidak diundang ya tentu kami tidak mengirimkan perwakilan ke sana untuk hadir. Tapi yang jelas diundang atau tak diundang yang jelas kami tetap menghormati PDIP dan kami mengucapkan selamat dan sukses atas kongres yang diadakan PDI Perjuangan, semoga PDI semakin jaya ke depan," tandas dia.

Sebagai informasi, PDIP menggelar Kongres V pada 8-11 Agustus dengan tema 'Solid Bergerak untuk Indonesia Raya' serta subtema 'PDI Perjuangan menuju Partai Pelopor dan Modern'.

Kongres digelar dengan beberapa sesi, dari Paripurna I hingga VI, pada Sabtu (10/8/2019), dengan agenda pengesahan, pembahasan, serta penetapan Ketua Umum PDIP dan kepengurusan.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri hadir dalam kongres ini. Selain Prabowo, sejumlah tokoh, seperti Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, sudah hadir di lokasi.


Baca juga artikel terkait KONGRES PDIP DI BALI atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Politik)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri
DarkLight