Alasan Menonton Serial Friends yang Tayang di Netflix

Oleh: Sirojul Khafid - 25 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini alasan menonton serial Friends yang tayang di Netflix
tirto.id - Serial Friends asal Amerika masih bisa kita saksikan di layanan streaming Netflix. Serial berjumlah sepuluh musim ini tayang pertama kali dalam rentang tahun 1994 sampai 2004. Ada total 235 episode yang bisa kita nikmati.

Sinopsis Friends

Cerita bermula saat Rachel Green melarikan diri di hari pernikahannya. Dia mengunjungi teman masa sekolahnya yang bernama Monica Geller. Kala itu, Monica merupakan seorang koki di New York.

Sejak saat itu, Rachel dan Monica menjadi teman sekamar. Memasuki kehidupan baru, Rachel juga akan berhubungan dengan teman-teman Monica yang usianya kebanyakan 20-an.

Ada Joey Tribbiani yang sedang merintis jalan menjadi aktor, Chandler Bing si profesional bisnis, adapula musisi bernama Phoebe Buffay, serta palaeontolog Ross Geller. Ross merupakan kakak Monica.

Untuk bisa menyambung hidup dan mendapat pemasukan, Rachel bekerja sebagai pelayan di kedai kopi Central Perk.

Kedai itu yang kemudian menjadi tempat berkumpul teman-temannya. Dari sinilah kisah akan berlanjut. Akan ada banyak hal yang terjadi mulai dari hal pertemanan, percintaan, pekerjaan, dan lainnya.

Para pemain yang bergabung di antaranya Jennifer Aniston sebagai Rachel Green, Courteney Cox sebagai Monica Geller, Lisa Kudrow sebagai Phoebe Buffay, Matt LeBlanc sebagai Joey Tribbiani, Matthew Perry sebagai Chandler Bing, David Schwimmer sebagai Dr. Ross Geller.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan untuk menonton serial Friends. Berikut beberapa di antaranya:

Skor yang Bagus

Rotten Tomatoes memberi rata-rata skor sebesar 78 persen, dengan versi penonton sebesar 94 persen. Sementara IMDb memberi skor 8,9/10 dari 787.653 penilai.

Karakter yang Unik

Ada enam karakter utama yang bermain. Setiap karakter memiliki kepribadian yang berbeda dan menarik untuk diikuti.

Karakter menarik itu misalnya Rachel yang manja dan penakut, Monica yang merupakan perempuan perfeksionis dan pintar masak, si sarkastis dan kekanak-kanakkan Chandler, Joey si genit dan tukang makan, si aneh dan polos Phoebe, serta Ross yang canggung dan sering mendapat sial.

Banyaknya karakter ini membuat kita tidak bosan. Bisa jadi, dari beragam karakter itu ada yang relate dengan kepribadian para penonton. Selain karakter utama, para pemeran pembantu juga tidak kalah menarik.

Banyak Topik yang Terbahas

Seperti pada sinopsis, akan banyak tema yang terbahas seperti dalam hal pertemanan, percintaan, pekerjaan, cita-cita, perjuangan, dan lainnya. Hal ini semakin memperkaya cerita dari berbagai sudut pandang.

Durasi Episode yang Ringan

Apabila anda tergolong sibuk dan tidak bisa berlama-lama menonton sebuah serial, maka Friends merupakan konten yang cocok.

Rata-rata durasi setiap episodenya 22 menit. Selain ringan dari segi pembahasan, durasi yang pendek bisa kita tonton di sela-sela kegiatan lain, tidak perlu meluangkan waktu terlalu lama.

Salah Satu Serial "Mahal" Netflix.

Akhir tahun 2018, serial Friends terancam tidak lagi tayang di Netflix. Hal ini terkait dengan hak siar yang sudah habis.

Melihat animo penonton Netflix yang banyak (juga tuntutan para fans Friends), Netflix kembali membeli hak siar untuk serial ini.

Tidak tanggung-tanggung, mereka berani menggelontorkan 100 juta dolar Amerika untuk hal tersebut. Dan hasilnya, saat ini kita masih bisa menonton serial Friends di Netflix.

Meraih Banyak penghargaan.

Dalam rentang tahun 1994 sampai 2004, total ada 77 penghargaan dan 214 nominasi penghargaan yang Friends dapat.

Salah satunya pada ajang Golden Globe 2003, melalui serial Friends, Jennifer Aniston memenangkan penghargaan dalam kategori Best Performance by an Actress in a Television Series - Comedy or Musical.

Serial yang Membuka Jalan untuk Para Pemerannya

Kesuksesan Friends tentu berdampak baik bagi para kreator dan pemerannya. Setelah bermain di serial ini, para pemeran juga mendapat kesempatan untuk bermain di film atau serial lain.

Setelah Friends, beberapa film yang Jennifer Aniston perankan di antaranya The Morning Show (2019) dan Cake (2014).

The Morning Show menjadikannya Best Performance by an Actress in a Television Series – Drama dalam ajang Golden Globe tahun 2020.

Sementara Cake membawa Aniston pada penghargaan Golden Globe tahun 2015 dalam kategori Best Performance by an Actress in a Motion Picture – Drama.



Nostalgia

Bagi anda yang tumbuh di tahun-tahun Friends tayang pertama kali, menonton ulang bisa menjadi bahan nostalgia. Sudah lebih dari 25 tahun usia serial ini. Walaupun tayangan ulang, dalam seminggu ada 16 juta orang yang menonton serial Friends di Amerika.

Baca juga artikel terkait SERIAL FRIENDS atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight