Alasan Jokowi Utamakan Vaksinasi Massal di Terminal dan Pelabuhan

Oleh: Andrian Pratama Taher - 10 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Jokowi mengemukakan alasan terkait prioritas vaksinasi massal di terminal dan pelabuhan di DKI Jakarta.
tirto.id - Presiden Jokowi melakukan serangkaian peninjauan vaksinasi massal di DKI Jakarta, Kamis (10/6/2021). Setidaknya ada 3 titik yang dikunjungi Presiden yakni vaksinasi terminal Kampung Rambutan, vaksinasi di pelabuhan Tanjung Priok dan pelabuhan Sunda Kelapa.

Dalam kunjungan di Terminal Kampung Rambutan, Jokowi meninjau proses vaksinasi kepada para sopir, kernet dan pelaku usaha kecil di terminal. Usai peninjauan, Jokowi mengatakan pemberian vaksinasi kepada pelaku transportasi dan pengusaha di terminal Kampung Rambutan karena terminal Kampung Rambutan telah menjadi penghubung transportasi di ibu kota.

"Kenapa kita berikan vaksinasi di sini? Karena para pelaku di sini adalah yang interaksinya sangat tinggi dengan masyarakat, kemudian mobilitas keluar kota sangat tinggi sehingga kita memberikan prioritas," kata Jokowi di Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Jokowi mengaku pelaksanaan vaksinasi mencapai 1.000 orang per hari. Pihak yang divaksin tidak hanya sopir, kernet, dan pelaku UMKM, tetapi juga warga sekitar.

Pada kunjungan di pelabuhan Tanjung Priok, Jokowi mengatakan, vaksinasi di Tanjung Priok dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 di Pelabuhan Tanjung Priok.

Ia mengingatkan, Tanjung Priok merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk di Indonesia karena melayani kapal penumpang, melayani kapal barang, domestik, maupun ke mancanegara serta menjadi infrastruktur penghubung yang sangat penting dalam mendistribusikan logistik ke seluruh tanah air. Mobilitas yang tinggi dan interaksi pegawai Tanjung Priok dengan anak buah kapal tinggi sehingga berisiko tinggi terjadi transmisi COVID-19.

"Oleh sebab itu, pagi hari ini kita vaksinasi kurang lebih 1.500 orang baik itu pekerja pelabuhan, pekerja bongkar dan muat, kemudian para sopir dan kernet dan pelayan-pelayan publik lainnya yang berada di Pelabuhan Tanjung Priok," kata Jokowi di Tanjung Priok, Jakarta, Kamis.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh mantan Wali Kota Surakarta itu saat meninjau pelabuhan Sunda Kelapa. Ia menegaskan pelabuhan Sunda Kelapa juga salah satu pelabuhan dengan interaksi tinggi baik anak buah kapal (ABK) maupun pekerja.

"Hari ini peserta vaksin kurang lebih 1.000 orang dan kita harapkan ini akan terus berlanjut dengan tambahan jumlah yang lebih banyak lagi," kata Jokowi di pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis.


Baca juga artikel terkait VAKSINASI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight