Alasan John Cornforth Dipilih Jadi Google Doodle Hari Ini

Oleh: Maya Saputri - 7 September 2017
Dibaca Normal 1 menit
Siapakah Sir John Cornforth yang dipilih jadi Google doodle hari ini?
tirto.id - Google doodle hari ini menampilkan sosok pria berkacamata dengan ilustrasi beberapa symbol yang dikaitkan dengan bidang kimia. Gambar peralatan laboratorium kimia seperti gelas ukur, tabung, buku, dan papan tulis dengan logo Google di antaranya.

Siapakah sosok pria berkacamata yang diilustrasikan doodle hari ini?

Hari ini tepat ulang tahun ke-100 Sir John Cornforth, ahli kimia yang pernah menerima Nobel. Google memperingatinya dengan membuatkan doodle khusus.

Alasan Google memilih Sir John Cornforth sebagai Google doodle hari ini, pertama, karena dialah satu-satunya ilmuwan asal Australia yang menerima hadiah Nobel di bidang kimia pada 1975.

Kedua, kisah hidup Sir John Cornforth yang selama masa kanak-kanak mulai kehilangan pendengarannya, dan kehilangan pendengaran pada usia 20. Meski tidak dapat mendengar pelajaran dari dosennya di Universitas Sydney, dia mempelajari semua buku teks kimia sendiri.

Selain itu, John dikenal dengan panggilan Kappa, karena kebiasannya menyematkan simbol Kappa di setiap peralatan laboratorium. Maklum, harga peralatan laboratorium kimia tergolong mahal. Langkah ini cukup efektif agar para siswanya tidak mencuri peralatan kimianya. Simbol Kappa adalah huruf ke-10 dalam alphabet Yunani yang melambangkan fonem “k”.

Sir John Cornforth bertemu dengan sesama ahli kimia Rita Harradence, yang kelak menjadi istrinya.

John dan Rita memenangkan beasiswa ke Oxford pada 1939. Selang dua tahun, keduanya memutuskan untuk menikah. Keduanya aktif menulis lebih dari 40 jurnal ilmiah.

Karya Cornforth yang memiliki pengaruh luas yakni penisilin yang berguna selama perang. Ia membantu penulisan The Chemistry of Penicillin (Princeton University Press, 1949). Ia menerima Penghargaan Nobel bersama Vladimir Prelog pada tahun 1975 dan dianugerahi gelar kebangsawanan pada tahun 1977.

Dalam penelitian itu, Sir John Cornforth dibantu oleh Vladimir Prelog mempelajari enzim yang mengaktifkan perubahan senyawa organik.

Penelitian tersebut membuka kesempatan bagi banyak penemuan lain di bidang kesehatan. Salah satu yang paling penting, penemuan pengembangan obat penurun kolesterol.

Selain itu, ia meraih Medali Corday-Morgan pada tahun 1953, Royal Medal pada tahun 1976 dan Copley Medal pada tahun 1982.

John Cornforth juga dimasukkan sebagai anggota Royal Society dan masih aktif dalam penelitian kimiawi di University of Sussex. Atas jasa-jasanya, ia masuk dalam daftar Tokoh Australia Tahun Ini pada tahun 1975.

Sir John Cornforth meninggal dunia pada 14 Desember 2013 di usia 96 tahun dan Google hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke-100 sebagai penghargaan atas pencapaiannya.

Baca juga artikel terkait SIR JOHN CORNFORTH atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Humaniora)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri