Alasan Drama "Encounter" Begitu Populer di Korea Selatan

Oleh: Maria Ulfa - 9 Januari 2019
Dibaca Normal 2 menit
"Encounter" mencatatkan rating yang cukup tinggi sejak awal penayangannya pada 28 November 2018. Lalu apa yang membuat drama ini begitu dicintai banyak orang?
tirto.id - Drama serial Korea Selatan “Encounter” yang tayang di channel tvN setiap Rabu dan Kamis mendapatkan banyak cinta dari masyarakat, bahkan sejak penayangan episode pertamanya pada 28 November 2018 lalu.

Menurut Nielsen Korea, penayangan episode pertama drama ini telah mencetak rating tinggi dengan perolehan 11,4 persen rating penonton untuk wilayah Seoul, dengan rata-rata rating 8,6 persen secara keseluruhan.

“Encounter” menjadi drama kedua di channel tvN yang mendapatkan rating tertinggi pada penayangan perdananya setelah “Mr. Sunshine” yang memegang rekor sekitar 8,9 persen rating penonton di episode pertamanya.

Sedangkan untuk episode kedua, jumlah rating penonton “Encounter” meningkat menjadi 12,8 persen di Seoul dengan rata-rata rating 10,3 persen secara keseluruhan.

Hal tersebut membuktikan, bahwa drama Encounter ini memiliki popularitas di kalangan penonton dengan raihan rating yang mencapai dua digit.

“Encounter”juga lebih unggul dari drama yang tayang pada slot yang sama pada channel TV Nasional, seperti “The Last Empress” (MBC) dengan pencapaian 5,7 persen rating penonton.

Kemudian, “Children of Nobody” (MBC) meraih rating 3,8 persen, “Feel Good tod Die” (KBS2) dengan rating 2,4 persen, dan “Fluttering Warning”(MBN) hanya mencetak 1,7 persen rating penonton, demikian dilansir Monsters and Critics.

Kepopuleran pemeran utama adalah salah satu faktor yang mendasari kenapa drama ini begitu populer bahkan sebelum ditayangkan.

Drama mingguan ini memang diperankan oleh Song Hye Kyo dan Park Bo Gum, di mana keduanya telah mendapatkan banyak cinta dari masyarakat karena peran yang mereka mainkan di drama serial sebelumnya.

Sebelum berperan dalam “Encounter”, Song Hye Kyo lebih dulu berperan dalam drama berjudul “Descendants of the Sun” (KBS) di tahun 2016 bersama Song Jong Ki.

Song Hye Kyo yang kembali setelah lama tidak membintangi drama miniseri ini kembali dengan perannya sebagai Kang Mo Yeon, seorang dokter di rumah sakit ternama Korea Selatan yang menjadi relawan di daerah perang, Uruk.

Drama yang diperankan Song Hye Kyo tersebut tamat dengan mencetak rating tinggi sebesar 38,8 persen, dan mendapatkan banyak cinta dari masyarakat berkat cerita dan perannya yang dinilai apik dengan kemampuan akting yang mumpuni.

Sedangkan Park Bo Gum, Sebelum berperan di “Encounter”, ia telah berperan di beberapa drama populer seperti “Reply 1988” (tvN) tahun 2015, dan “Moonlight Drawn by Clouds” (KBS2) tahun 2016.

Park Bo Gum mulai menerima banyak cinta dari penonton berkat perannya sebagai Choi Taek di drama “Reply 1988”, dan melanjutkan kepopulerannya dengan memerankan Yi Yeong dalam drama sejarah “Moonlight Drawn by Clouds”.

Selain berkat kedua pemeran utamanya, alasan lain yang menyebabkan “Encounter” begitu populer adalah drama ini memiliki alur cerita yang menarik.

“Encounter” menceritakan kisah dua orang berlatar belakang berbeda. Mereka adalah Cha Soo Hyun dan Kim Jin Hyuk, dua orang yang dipertemukan ketika melakukan perjalanan traveling di Kuba.

Jika drama Korea biasanya didominasi oleh kisah tentang tokoh pria kaya raya yang jatuh cinta terhadap perempuan biasa, maka di drama “Encounter” ini penonton akan disuguhkan dengan kisah yang berbeda.

Cha Soo Hyun adalah seorang putri dari keluarga politik yang kuat, dan merupakan seorang direktur utama di hotel ternama di Korea Selatan. Dia bercerai dengan suaminya setelah tahu bahwa suaminya telah berselingkuh.

Hidup Cha Soo Hyun sendiri terlalu sering diatur oleh orang-orang di sekitarnya, bahkan oleh mantan mertuanya sendiri yang juga merupakan orang berpengaruh di dunia politik.

Saat sedang melakukan perjalanan bisnis ke Kuba, secara tidak sengaja dia bertemu Kim Jin Hyuk. Jin Hyuk adalah pemuda biasa yang memiliki kepribadian baik dan berjiwa bebas, dan sedang mencari pekerjaan tetap.

Perbedaan usia dan latar belakang yang begitu mencolok menjadi konflik utama dalam drama ini.

Kemudian, selain menyuguhkan cerita yang berbeda, drama “Encounter” juga memanjakan penonton dengan sinematografi yang indah melalui pengambilan gambar yang dilakukan di Kuba seperti episode 1 dan 2, serta episode ke 11.

Berkat kepopuleran tersebut, drama ini akan tayang lebih dari 100 negara di dunia. Selain itu, drama ini juga telah tersedia di beberapa platform streaming online secara global, termasuk Viki, dan akan tayang di TV berbayar seperti Now TV di Singapura.

Sedangkan di Indonesia, “Encounter” tayang setiap Senin-Jumat di TransTV pukul 18.30 WIB.

Drama ini telah tayang sebanyak 10 episode, dan episode 10 tayang pada Kamis (3/1/2019) lalu, dengan rata-rata rating penonton sebesar 7,9 persen.

“Encounter” akan kembali menayangkan episode terbarunya nanti malam, di channel tvN pukul 21.30 KST atau 19.30 WIB.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yandri Daniel Damaledo