Alasan Beyonce Hingga Bradley Cooper Absen di Grammy Awards 2019

Oleh: Alifa Justisia - 11 Februari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Ariana Grande, Bradley Cooper, dan Childish Gambino tak hadir di Grammy Awards 2019 meski tercatat sebagai nominasi.
tirto.id - Sejumlah musisi tidak hadir dalam ajang penghargaan Grammy Awards 2019 yang digelar di Los Angeles, Minggu (10/2/2019) waktu setempat. Musisi seperti Ariana Grande, Childish Gambino, dan Bradley Cooper tak bisa menerima penghargaan secara langsung karena tak hadiri di ajang bergengsi ini.

Selain ketiga nama tersebut, Taylor Swift, Beyonce, dan Rihanna juga tidak tampak hadir karena berbagai alasan.

  • Taylor Swift
Time mewartakan, Taylor Swift memiliki sejarah Grammy yang kuat, ia memborong sepuluh trofi termasuk Album of the Year pada 2016 untuk album 1989. Akan tetapi album terbarunya Reputation hanya masuk di satu nominasi Grammy.

Pelantun lagu "Love Story” ini sudah lama tidak menghadiri Grammy sejak memborong piala pada 2016. Meski begitu, dia tidak pernah membuat pernyataan kepada publik perihal yang dirasakannya terhadap Recording Academy. Swift juga dikabarkan saat ini sibuk di London untuk merekam film adaptasi musikal Cats.

  • Beyonce
Beyonce mungkin tidak hadir pada tahun ini karena lagunya bersama Jay-Z "Everything is Love" tak masuk nominasi mentereng di Grammy. Album kolaborasi dengan sang suami “The Carters” dikeluarkan dari kategori utama, mendapatkan tiga nominasi di kategori R&B, Urban Contemporary, dan Music Video.

Tanpa berpotensi untuk menang di kategori utama dan tidak ada dalam daftar penampil, bisa menjadi alasan kuat Beyonce untuk tidak hadir pada ajang penghargaan kali ini.

  • Rihanna
Rihanna memiliki banyak momen Grammy yang mengesankan dan ia juga menang hampir selusin kali dalam perjalanan kariernya sejauh ini. Akan tetapi itu semua terjadi tiga tahun lalu sejak dia merilis album terakhirnya yang mendapatkan banyak pujian, “Anti”.

Sementara itu, Rihanna seperti diwartakan Time sedang sibuk meluncurkan kerajaan bisnisnya dalam dunia kecantikan dan mode. Hal ini menimbulkan pertanyaan dari orang apakah dia bersedia datang di Grammy atau lebih memilih fokus di aktivitasnya tersebut.

  • Bradley Cooper
Bradley Cooper masuk dalam nominasi Grammy untuk pertama kalinya. Namun, ia memiliki alasan mengapa tidak hadir di pemberian penghargaan ini. Alih-alih berada di Los Angeles, di mana Grammy Awards diadakan tahun ini, Cooper sedang berada di London untuk menghadiri British Academy Film Awards.

Aktor tersebut berjalan di red carpet dengan pacarnya Irina Shayk. People melaporkan, pada upacara yang diadakan di Royal Albert Hall ini, filmnya "A Star Is Born" meraih tujuh penghargaan, termasuk kategori Leading Actor, Director, Adapted Screenplay, dan Best Film. Cooper juga naik panggung mengumpulkan satu trofi untuk Original Music.

  • Childish Gambino
Artis hip-hop asal Atlanta ini tidak hadir di upacara Grammy. Menurut laporan, Gambino menolak untuk tampil di Grammy tahun ini, karena konflik lamanya dengan hip-hop dan Academy.

Akan tetapi hal itu tidak menghentikannya untuk membuat sejarah. "This Is America" adalah lagu rap pertama yang menang Song of the Year. "This Is America" yang menyinggung soal kekerasan dengan senjata api, rasisme, dan diskriminasi di Amerika, menjadikannya salah satu alasan politik bisa memenangkan penghargaan.
Video lagu ini telah mendapat 482 juta penayangan di YouTube sejak dirilis pada Maret 2018 bersamaan dengan penampilan Glover di Saturday Night Live sebaai Childish Gambino.

"This Is America" mengalahkan "All The Stars" (Kendrick Lamar & SZA), "Boo'd Up" (Ella Mai), "God's Plan" (Drake), "In My Blood" (Shawn Mendes), "The Joke" (Brandi Carlile), "The Middle" (Zedd, Maren Morris & Grey), dan "Shallow" (Lady Gaga & Bradley Cooper).

  • Ariana Grande
Sebagaimana diwartakan Variety, alasan Ariana tidak menghadiri Grammy adalah karena berseteru dengan produser Grammy, Ken Ehrlich terkait lagu mana yang akan ia akan tampilkan.

Ketidaksepakatan Ariana dengan produser Grammy tersebut bermula ketika penyanyi berusia 26 ini merasa tersinggung setelah para produser awalnya menolak untuk mengizinkannya menyanyikan lagunya yang berjudul “7 Rings.”

Akan tetapi Ariana Grande menarik kembali kesepakatannya setelah produser bersikeras lagu kedua yang akan ditampilkan Grande harus dipilihkan oleh pihak produser. Sumber tersebut menambahkan, ketentuan tersebut tidak diberlakukan pada artis yang lain.

Pertengkaran ini memanas setelah Ariana tidak terima Ehrlich menyebutkan di sebuah berita bahwa penyanyi tersebut tidak bisa tampil karena kurang persiapan. Ariana menuduh produser tersebut berbohong dan menuliskan perasaannya di Twitter.


Baca juga artikel terkait GRAMMY AWARDS 2019 atau tulisan menarik lainnya Alifa Justisia
(tirto.id - Musik)


Penulis: Alifa Justisia
Editor: Dipna Videlia Putsanra