Alasan Afgan Rilis Lagu dalam Bahasa Korea

Oleh: Alexander Haryanto - 2 Desember 2019
Afgan mengatakan, keputusannya merilis lagu "Sudah" dalam bahasa Korea bisa terbilang mendadak.
tirto.id - Afgansyah Reza atau penyanyi yang akrab disapa Afgan merilis lagu dalam bahasa Korea, berjudul "Sudah". Namun, Afgan bilang, lagu tersebut sudah pernah ia bawakan ketika tampil di acara V LIVE, Seoul, Korea Selatan.

Afgan mengatakan, keputusannya merilis lagu "Sudah" dalam bahasa Korea bisa terbilang mendadak, lebih tepatnya saat ia bertemu dengan salah satu tim MTV Asia bernama Adam.

"Jadi waktu syuting untuk acara MTV Ride, saya cerita ke dia kalau saya mau perform dan fan meeting di Korea Selatan. Lalu, dia ngasih ide untuk membawakan lagu 'Sudah' dalam bahasa Korea," ujar Afgan seperti dikutip Antara.

Menurut Afgan, kala itu Adam bilang bahwa lagu 'Sudah' itu punya melodi ballad memiliki sedikit kesamaan dengan lagu-lagu ballad Korea.

Atas saran itu, Afgan pun meminta Adam untuk menerjemahkan lagu itu ke dalam bahasa Korea. Hasilnya, Afgan mengaku puas dengan hasil terjemahan Adam dalam bahasa Korea itu.

"Dan saat saya bawakan dalam bahasa Korea, semua terasa pas," ujarnya.

Sebelumnya, Afgan pernah mendapatkan penghargaan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2018 sebagai Best Asian Artist (Indonesia). Acara ini dihadiri oleh banyak idol Korea Selatan, seperti BTS, Wanna One, TWICE, Chungha, IZ*ONE, SEVENTEEN, MOMOLAND, Oh My Girl, GOT7, WJSN, Sunmi, Heize, Tiger JK, Nafla, The Quiett, Roy Kim, Anak Mommy, BewhY dan lainnya.


Untuk mengetahui seperti apa lagu yang diterjemahkan dalam bahasa Korea itu, bisa didengarkan melalui akun YouTube Trinity Optima Production.



Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Sumber: Antara
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight