Aktor Richard Erdman Meninggal Dunia pada Usia 93 Tahun

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 19 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Richard Erdman, aktor "Community" dan "Twilight Zone" meninggal dunia.
tirto.id - Aktor senior Richard Erdman, yang berperan sebagai Leonard Rodriguez di serial “Community” meninggal dunia pada usia 93 tahun, Sabtu (16/3/2019).

Melansir dari Independent, sejarawan film, Alan K Rode, yang mengonfirmasi berita tersebut kepada The Hollywood Reporter, yang kemudian mencuitkan di akun Twitter miliknya, “Selamat tinggal sobat. Dick Erdman 1925-2019."

Richard Erdman pertama kali muncul di TV pada tahun 1953 lewat film Where’s Raymond?, Make Room For Daddy, dan Alfred Hitchcock Presents.

Selain bermain peran, Erdman juga pernah menjadi pengisi suara di beberapa film kartun populer, seperti Scooby-Doo, The Smurfs, dan Duck Tale.

Erdman memiliki istri seorang aktris yang bernama Leza Holland. mereka menikah pada tahun 1948, dan bercerai dua tahun kemudian.

Dia menikah untuk kedua kalinya pada tahun 1953 dengan wanita bernama Sharon Randall, dan bertahan hingga akhirnya Sharon wafat di tahun 2016.

Dari pernikahannya dengan Sharon, Erdman dikaruniai satu putri bernama Erica yang lahir pada tahun 1954, dan meninggal pada tanggal 18 Februari 2010, karena terkena overdosis obat resep yang tidak disengaja.

Erdman pernah beberapa kali beradu peran dengan nama-nama besar Hollywood, seperti dengan Marlon Brando pada film debutan The Men, dan dia berperan sebagai Leo, seoran pasien lumpuh di bangsal veteran yang membantu Brandi Ken agar terbiasa dengan kehidupan barunya. Demikian seperti yang diwartakan Entertainment Weekly.

Pemeran terhormat lainnya yaitu saat ia memainkan karakter Sersan "Hoffy" Hoffman di Billy Wilder's Stalag 17 (1953), serta secara teratur muncul di Where's Raymond? dan Alfred Hitchcock Presents.

Peranan mengesankan lainnya termasuk pergantian sebagai barfly McNulty dalam episode The Twilight Zone yang ikonik, “A Kind of a Stopwatch,” dan sebagai Kolonel Edward F. French pada tahun 1970-an, drama Pearl Harbor, Tora! Tora! Tora!.

Hingga penampilan terakhirnya di layar kaca terjadi pada tahun 2017 sebagai dirinya sendiri dalam film seri Dr Ken, dalam sebuah episode di mana dokter otobiografi Ken Jeong menghadiri audisi.

Jeong juga memposting penghormatan kepada lawan mainnya pada Sabtu malam, termasuk penghormatan atas beberapa momen Erdman yang paling berkesan di Community.


Baca juga artikel terkait AKTOR HOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Humaniora)


Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH